Share

Pasien Covid-19 di Jakarta Melonjak, Ahli Epidemiologi Beberkan Alasannya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 481 2256161 pasien-covid-19-di-jakarta-melonjak-ahli-epidemiologi-beberkan-alasannya-wfsoTD69Pw.jpg Ilustrasi. (Freepik)

PANDEMI Covid-19 belum kunjung berakhir. Bahkan di beberapa wilayah Indonesia, khususnya DKI Jakarta, kasus positif Covid-19 justru menyebar dengan sangat cepat.

Tak aneh apabila banyak ditemukan kasus baru positif Covid-19 yang menyangkut beberapa klaster. Seperti rumah sakit, perkantoran, pemukiman padat maupun rumah ibadah.

Menanggapi hal tersebut, Ahli Epidemiologi dari Univeristas Airlangga (Unair), Laura Navila Yamani, menjelaskan bahwa penyebaran Covid-19 relatif cepat. Khususnya di daerah perkotaan seperti DKI Jakarta, yang mana masyarakatnya selalu aktif.

Baca Juga: Antara Hipertensi dan Diabetes, Mana yang Lebih Berisiko Terpapar Covid-19?

corona virus

“Penyebaran virus yang relatif cepat dikarenakan kondisi sekarang setelah relaksasi atau pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” ujar Laura, saat dihubungi Okezone melalui pesan singkat beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Laura mengatakan bahwa sifat virus Sars-Cov-2 penyebab Covid-19 ini transmisinya bukan linier, tetapi eksponensial. Artinya jika ada satu orang yang terinfeksi maka bisa menularkan ke banyak orang lainnya.

“Ketika interaksi orang tidak lagi dibatasi apalagi bahkan ketika protokol kesehatan itu tidak diterapkan, ini akan menambah peluang penularan Covid-19 yang semakin cepat dan meluas,” pungkasnya.

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini