Tips Cantik, Kunyit Ampuh untuk Hilangkan Jerawat Loh

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 09:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 611 2255924 tips-cantik-kunyit-ampuh-untuk-hilangkan-jerawat-loh-gdOAtUb1lq.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KUNYIT merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara. Kunyit sangat cocok dimanfaatkan untuk perawatan wajah, salah satunya untuk hilangkan jerawat.

Kunyit mengandung senyawa kurkuminoid yang dilaporkan kaya antioksidan kuat dan memiliki daya antioksidan 8 kali lebih kuat, dibandingkan dengan vitamin E. Karenanya sangat baik untuk hilangkan jerawat.

Dilansir Okezone dari Boldsky Senin (3/8/2020), berikut cara menggunakan kunyit untuk hilangkan jerawat agar lebih efektif.

Kunyit dan yoghurt

Asam laktat yang terkandung dalam yogurt membantu pengelupasan kulit secara ringan agar tetap bersih dan bebas jerawat untuk waktu yang lama.

Caranya, campurkan 2 sdt yoghurt dan 1/2 sdt kunyit. Aplikasikan pada setiap jerawat yang ada, diamkan selama 15 menit, bilas dengan air mengalir.

Kunyit dan susu

 Kunyit

Susu mengandung asam laktat yang dapat melindungi kulit dari bakteri. Bahkan, jika Anda mencampurkannya dengan kunyit, itu bisa jadi obat jerawat.

Caranya, campurkan 2 sdt susu dan 1/2 sdt kunyit. Gunakan cotton bud sebagai aplikator untuk mengoleskan campuran tersebut tepat di jerawat Anda. Diamkan selama 10 menit hingga mengering, bilas dengan air.

Kunyit dan cendana

 

Cendana memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit. Mencampurkannya dengan kunyit sama dengan bisa menghilangkan jerawat.

Caranya, campurkan 2 sdt cendana bubuk dan kunyit ke dalam mangkuk. Tambahkan air mawar, aduk rata hingga membentuk pasta. Gunakan pasta tersebut pada jerawat, diamkan selama 15-20 menit, bilas dengan air hangat.

Kunyit dan lemon

 Lemon

Lemon mengandung anti bakterial yang dapat membersihkan kulit dari kuman dan kotoran penyebab jerawat. Selain itu, lemon juga memiliki sifat antiseptik yang berpotensi menyembuhkan jerawat yang parah.

Caranya, campurkan 1/2 sdt kunyit dan 1 sdt lemon jus. Campurkan kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta. Aplikasikan pasta tersebut di setiap jerawat. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini