Doyan Nonton Horor? Hati-Hati Bisa Sebabkan Penuaan Dini Loh

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 611 2256357 doyan-nonton-horor-hati-hati-bisa-sebabkan-penuaan-dini-loh-rJAma9kNDw.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENONTON film mungkin bisa menjadi salah satu kegiatan menghabiskan waktu yang aman dilakukan. Apalagi, saat ini bioskop masih belum diizinkan untuk beroperasi.

Memang, di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga mereda, menonton film bisa membantu melepaskan penat dan menghilangkan stres. Nah, banyak orang memilih film horor untuk ditonton.

Tapi tahukah Anda, bila menonton film dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan di wajah? Saat menonton film, tentunya banyak ekspresi yang dikeluarkan oleh wajah.

Para ahli percaya ekspresi wajah saat menonton seperti bergidik ngeri di film thriller atau tawa di film komedi, dapat berkontribusi pada garis kerutan.

film horor

Sebuah survei yang dilakukan terhadap 2 ribu orang menemukan, para penggemar film horor akan mengeluarkan ekspresi ketakutan di wajah rata-rata 20 kali selama menonton.

Hal yang sama juga dilakukan oleh para penggemar film thriller. Mereka akan mengeluarkan ekspresi wajah terkejut, tegang, atau ngeri rata-rata 50 kali. Sedangkan penggemar film komedi rata-rata akan tertawa sebanyak 115 kali selama menonton.

Dr Harry Singh dari merek kecantikan dan kebugaran FOREO mengatakan, pengulangan ekspresi wajah saat menonton film dapat menambah garis kerutan dan kaki gagak (kerutan yang muncul di sudut luar mata).

"Ekspresi wajah terkejut akan mengaktifkan otot evaluator dahi yang dikenal sebagai frontalis. Ketika ekspresi itu diulang, maka otot akan semakin kuat dan mengembangkan garis-garis horizontal di dahi," ujar Dr Singh seperti yang Okezone kutip dari Mirror.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini