Tips Menggunakan Media Sosial dengan Mindful Saat Social Distancing

Karina Asta Widara , Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 12 2256725 tips-menggunakan-media-sosial-dengan-mindful-saat-social-distancing-geORnzSCUS.jpg Foto : IG kejar Mimpi

Media sosial sudah lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Segala hal dibagikan di media sosial mulai dari kegiatan rutin, pengalaman yang dilalui, prestasi, sampai hal yang bersifat personal.

Kebanyakan orang ingin terlihat eksis dan bahagia di media sosial. Oleh karena itu, kebanyakan postingan yang kita lihat merupakan postingan bersifat sukcita dari pengalaman hidup orang lain.

Tapi tak jarang juga media sosial menjadi ajang curhat si pemiliknya. Psikolog klinis Dr Roberta Babb mengatakan, penggunaan berlebihan, dan keterlibatan pasif dengan media sosial dapat memicu kecemasan, rasa bersalah dan kemarahan/frustrasi, depresi, isolasi serta ketakutan kehilangan dan ketakutan pendapat orang lain.

Karena itulah, dalam situasi pandemi seperti saat ini, menggunakan media sosial haruslah bijak, penuh kesadaran, serta bisa memilah apa yang boleh dan tidak boleh dibagikan kepada orang lain.

Berikut tips menggunakan media sosial dengan mindful saat social distancing agar kamu tetap nyaman dan fokus untuk #KejarMimpi :

1. Jadikan Media Sosial Sarana Pengembangan Diri

Jadikan media sosial sebagai sarana bagi kamu untuk mengembangkan diri. Kamu dapat membagikan hasil karyamu, ilmu maupun pandanganmu terhadap suatu hal. Kamu juga bisa menimba ilmu melalui media sosial dengan mengikuti kelas online maupun follow akun yang membawa dampak positif bagi pengembangan dirimu.

2. Tidak Share Info Pribadi

Berhati-hatilah dalam membagikan info pribadi. Sebaiknya kamu menahan diri untuk share informasi tersebut, seperti alamat rumah, nomer ponsel, kegiatan rutin kamu, dan lain sebagainya yang sangat pribadi.

Jangan sampai informasi penting tersebut disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab melalu media sosial.

3. Jaga Pertemanan

Periksa lagi siapa follower atau temanmu di media sosial. Sebaiknya, jangan menerima permintaan pertemanan dari orang yang tidak begitu kamu kenal. Lebih baik jaga hubungan dengan teman-teman dan kerabat yang kamu kenal dengan baik.

 

(IG KejarMimpi)

4. Jaga Etika

Dalam bersosialisasi tentunya kita harus selalu memperhatikan etika, termasuk bersosialisasi melalui media sosial.

Citra diri akan dikaitkan dengan apa yang kamu bagikan dan apa yang kamu tulis. Jadi tetap jaga etikamu sebaik mungkin.

5. Tidak Menyebar SARA dan Hoax

Pastikan konten yang kamu bagikan di media sosial tidak mengandung unsur SARA dan Hoax. SARA adalah pandangan dan atau tindakan yang dilakukan berdasarkan sentimen atas identitas spesifik yang meliputi suku, agama, ras dan antar golongan.

Sementara Hoax adalah pemberitaan palsu yang tidak benar tetapi dibuat seolah-olah benar.

6. Ubah Topik

Anda bisa berdiskusi hal-hal lain selain tentang virus corona dengan teman online. Misalnya, berdiskusi atau berdebat tentang buku, film, atau hal-hal baru yang sebelumnya kamu tidak ketahui.

7. Tetapkan Batas Waktu

Batasi jumlah waktu yang kamu habiskan di situs media sosial. Jika ini terlalu sulit, instal aplikasi pemblokiran media sosial yang dapat membantu mengurangi gangguan, dan meningkatkan produktivitas kamu.

8. Berlibur di Media Sosial

Buat postingan yang memberi tahu orang-orang bahwa kamu sedang istirahat dari aktivitas di media sosial dan akan kembali beberapa waktu nanti. CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini