Belajar di Rumah, Ini Pentingnya Orangtua Mengetahui Kepribadian Anak

Selasa 04 Agustus 2020 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 196 2256682 belajar-di-rumah-ini-pentingnya-orangtua-mengetahui-kepribadian-anak-FkDMvDbzrl.jpg Memahami kepribadian anak (Foto: Healthline)

Pola asuh anak mengalami perubahan di tengah pandemi Covid-19. Ini harus jadi perhatian orangtua agar tidak salah asuh yang bisa berakibat fatal.

Dokter tumbuh kembang anak Dr dr Ahmad Suryawan SpA(K) mengatakan, orangtua dan anak sedang menghadapi berbagai tantangan zaman. Salah satunya menghadapi masa transisi atas perubahan pola hidup yang besar akibat pandemi Covid-19. Kondisi kesehatan, psikis, dan sosial anak-anak sangat rentan di tengah situasi saat ini.

Psikolog keluarga Ajeng Raviando mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, kesehatan jiwa, ketenangan pikiran, dan kekuatan mental orang tua dan anak sangat penting.

 anak

Menurutnya, menghadapi besarnya perubahan kehidupan, seperti harus selalu menjaga jarak serta belajar dan bermain dari rumah saja di tengah pandemi, tentu saja mempengaruhi psikologis orangtua dan anak.

“Untuk menyikapinya, orangtua harus mampu menyesuaikan diri dan menjadikan rumah sebagai lingkungan edukatif yang menyenangkan dan menghadirkan kegembiraan bagi anak-anak,” terang Ajeng.

Ajeng menambahkan, orangtua juga harus mengetahui kepribadian anak dan menyesuaikan metode pengajaran berdasarkan karakteristik anak. Diketahui, manusia mempunyai karakter berbeda-beda dan unik yang bisa dipelajari. Manusia kadang memiliki kesamaan karakter antara satu dan lainnya.

Seperti dilansir dari Sindo News, kepribadian manusia ini telah dikaji dan dirangkum menjadi empat jenis yang masuk dalam teori proto-psikologis. Teori tersebut dibagi lagi menjadi empat tipe kepribadian mendasar, yaitu sanguinis (hidup, optimis, ringan, dan riang), koleris (cerdas, analitis, logis, dan sangat praktis), melankolis (analitis, bijak, dan tenang), dan plegmatis (santai dan cinta damai).

Baca juga: Menghitung Kalori Es Kopi Susu Gula Aren Favoritmu

Diharapkan, jelas Ajeng, orangtua dapat mengenali dan menyesuaikan sistem pengajaran sesuai karakteristik anak agar dapat menciptakan sistem pengajaran di rumah yang menyenangkan dan membawa kegembiraan bagi anak-anak.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini