Alami Sembelit, Coba Atasi dengan Sayuran Brokoli yang Lezat

Anabel Lerric, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 298 2256920 alami-sembelit-coba-atasi-dengan-sayuran-brokoli-yang-lezat-9f7q5UqJFV.jpg Sayuran brokoli (Foto: Healthline)

Terlalu sering mengkonsumsi junk food pastinya akan mengganggu kesehatan, salah satunya menderita sembelit. Jika makanan yang Anda makan membuat Anda sembelit, hal itu harus diubah dengan segera dengan mengkonsumsi makanan yang dapat membantu Anda buang air besar dengan mudah, salah satunya sayuran brokoli.

Brokoli dapat memperbaiki sistem pencernaan yang bermasalah, karena brokoli kaya akan serat yang tidak larut sehingga baik untuk percernaan. Kandungan serat juga menghasilkan rasa kenyang yang mencegah makan secara berlebihan, yang merupakan penyebab utama sembelit.

 brokoli

Sulforaphane, senyawa yang terkandung dalam brokoli, dapat mencegah perkembangan beberapa mikroorganisme usus yang diketahui menimbulkan kekacauan pada usus dan sistem pencernaan. Brokoli juga sumber vitamin C, yang memainkan peran penting dalam membangun kekebalan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat pada brokoli yang disebutkan di atas membuktikan kebenarannya dalam mengatasi sembelit. Berikut ide makanan berbahan dasar brokoli untuk mengatasi sembelit, dilansir Okezone, dari NDTV Food.

1. Buat makanan sehat dengan sayuran brokoli seperti semur, sup salad, tumis sayuran, cah udang brokoli dan lain-lain.

2. Buat jus sayuran dengan brokoli untuk menghidrasi diri Anda.

3. Parut brokoli dan campur dengan bahan lain untuk membuat sandwich isi atau brokoli paratha.

 Baca juga: Menghitung Kalori Es Kopi Susu Gula Aren Favoritmu

Nah, segera tambahkan brokoli ke daftar belanjaan Anda mulai sekarang. Selalu sertakan sayuran sehat ini dalam makanan Anda untuk mengatasi sembelit. Selamat mencoba ya!

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini