Pekan ASI Sedunia, Pentingnya ASI Eksklusif untuk Tingkatkan Imunitas Bayi

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 09:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 481 2256533 pekan-asi-sedunia-pentingnya-asi-eksklusif-untuk-tingkatkan-imunitas-bayi-2bbrV2FD3h.jpg Ilustrasi. (Foto: Alamy)

ASI merupakan satu-satunya sumber nutrisi bagi bayi yang baru lahir. Karena memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang tinggi dibandingkan susu formula.

Ada sebuah studi tentang ASI yang meneliti "Gliserol Monolaurat Berkontribusi pada Aktivitas Antimikroba dan Antiinflamasi Susu Manusia", diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports. Studi ini menunjukkan konsentrasi gliserol monolaurat (GML) dalam ASI adalah 3.000 mikrogram per liter.

Baca Juga: Mesranya 3 Foto Nella Kharisma Jatuh Dalam Dekapan Dorry Harsa

manyusui

GML sebagai monoester asam lemak dengan sifat antimikroba dan antiinflamasi yang tinggi bagi bayi. Kandungan GML dalam ASI menghambat pertumbuhan patogen. Ketika GML dikeluarkan dari ASI, kehilangan aktivitas antibakteri terhadap elemen patogen.

Para peneliti menunjukkan bahwa ASI manusia itu menghambat pertumbuhan bakteri patogen Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis dan Clostridium perfringens. Sementara susu sapi maupun susu formula bayi tidak memiliki efek apa pun.

Maka, begitu pentingnya ASI pada bayi untuk mendapatkan nutrisi, perkembangan bayi, kekebalan tubuh, dan mudah dicerna oleh tubuh bayi. Kebutuhan ASI tidak boleh berlebihan harus sesuai tahapan usia.

Bayi usia 1 hari: 7 ml (1 sendok teh) ASI dalam sekali minum

Bayi usia 2 hari: 14 ml (2 sendok teh) ASI dalam sekali minum

Bayi usia 3 hari: 25-38 ml (3-4 sendok makan) ASI dalam sekali minum

Bayi usia 1 minggu: 45-60 ml ASI dalam sekali minum

Bayi usia 1 bulan: 80-150 ml ASI dalam sekali minum

Bayi usia 6 bulan: 720 ml ASI per hari

Bayi usia 1 tahun: 550 ml ASI per hari

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini