5 Makanan Tinggi Kalori tapi Menyehatkan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 481 2256546 5-makanan-tinggi-kalori-tapi-menyehatkan-wdH6i7ljz5.jpg Ilustrasi. (Foto: Listchallenges)

UMUMNYA seseorang yang sedang menjalani diet akan memutuskan untuk mengurangi asupan kalori. Tapi tahu enggak, meski ada makanan yang tergolong tinggi kalori, tapi ternyata menyehatkan loh.

Kalori adalah satuan energi dasar yang ditemukan dalam setiap jenis makanan yang kita makan. Sementara makanan tinggi kalori juga diperlukan untuk mempertahankan tingkat metabolisme tubuh.

Nah, jumlah kalori yang perlu dikonsumsi seseorang dalam sehari tergantung pada berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, dan massa otot tanpa lemak. Mengonsumsi makanan tinggi kalori tanpa adanya pembakaran, dapat meningkatkan berat badan dan berisiko terhadap kemungkinan penyakit jantung, diabetes tipe II, dan kanker.

Namun, tidak semua makanan yang mengandung tinggi kalori berdampak buruk bagi kesehatan. Beberapa jenis makanan yang berkalori tinggi justru baik untuk kesehatan.

Dilansir Okezone dari Times of India pada Selasa (4/8/2020), berikut adalah 5 makanan berkalori tinggi yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Cantiknya Wika Salim Olahraga di Rumah, Netizen: Body-nya Bikin Mimisan!

Selai kacang

selai kacang

Satu sendok makan selai kacang mengandung 100 kalori yang hampir setara dengan jumlah kalori yang ditemukan dalam mentega biasa. Namun, Selai kacang juga kaya protein, serat, dan lemak sehat serta fitonutrien.

Chia seeds

Biji chia dianggap sebagai salah satu makanan paling sehat karena kandungan serat, omega-3, protein dan sengnya yang tinggi. Biji hitam kecil ini adalah agen anti-oksidan dan anti-inflamasi yang sangat baik. Namun, biji chia juga tinggi kalori. Satu sendok makan biji hitam mengandung 70 kalori.

Quinoa

Quinoa banyak terdaftar dalam list menu bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Namun tahukah Anda bahwa quinoa merupakan makanan berkalori tinggi?

Satu cangkir (sekitar 185 gram) quinoa yang dimasak mengandung 222 kalori, yang kira-kira sama dengan 1 cangkir nasi merah yang dimasak. 195 gram nasi merah yang dimasak mengandung 218 kalori. Biji-bijian kuno juga kaya akan protein, serat, zat besi, tembaga, tiamin, dan vitamin B6.

Minyak zaitun

minyak zaitun

Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, mereka juga kaya akan kandungan omega-6, omega-3, vitamin E, dan vitamin K, yang dianggap baik untuk fungsi otak dan mengelola berat badan yang sehat.

Namun, minyak zaitun juga tinggi kalori dan lemak. Satu sendok makan minyak zaitun mengandung 120 kalori dan 14 gram lemak.

Kacang dan biji-bijian

Kacang dan biji dianggap sebagai camilan yang paling sehat, tetapi kebanyakan orang tidak tahu bahwa itu juga tinggi kalori. 100 gram campuran kacang dan biji-bijian mengandung 462 kalori.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini