Cek Fakta, Air Kelapa Muda Ampuh Cegah Covid-19?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 481 2256588 cek-fakta-air-kelapa-muda-ampuh-cegah-covid-19-OtieQVyrVr.jpg Air kelapa muda (Foto : Boldsky)

Efek pandemi Covid-19, masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan. Konsumsi makanan sembarang berkurang, lebih disiplin menjaga kebersihan diri, pun juga aktif melakukan kegiatan fisik.

Di samping itu, menjaga kesehatan bagian dalam tubuh pun semakin banyak dilakukan masyarakat. Jangan heran kalau masyarakat kini mulai beralih ke produk alami dibandingkan kimia atau fermentasi.

Salah satu yang cukup banyak diincar adalah bahan makanan tinggi antioksidan. Ini berkaitan dengan menangkal virus berbahaya, termasuk SARS-CoV2 penyebab Covid-19.

Air Kelapa

Bahan makanan tinggi antioksidan adalah buah dan sayur, termasuk air kelapa muda. Ya, minuman segar ini banyak dikonsumsi masyarakat sekarang karena dinilai baik menjaga kesehatan tubuh. Tapi, apakah benar air kelapa ampuh mencegah Covid-19?

Baca Juga : Potret Liburan Manja Siti Badriah di Bali

Diterangkan Dokter Spesialis Gizi Klinik dr Maya Surjadjaja, M Gizi, SpGK, FAAMFM, air kelapa muda memang baik untuk kesehatan, salah satu manfaatnya adalah antioksidan tinggi. Antioksidan ini membuat tubuh lebih kuat melawan virus atau kuman penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

"Pada penelitian tikus, ketika hewan itu diberikan minum air kelapa muda selama 30 hari sebanyak 450 ml per hari, efek yang terjadi adalah meningkatnya ensim antioksidan yang akan mengurangi peroksidasi lipid," terangnya dalam Webinar yang diinisiasi Hydro Coco bekerja sama dengan Klikdokter dan ICM (Indonesia Congress Management), beberapa hari lalu.

Dengan begitu, imunitas tubuh lebih kuat dalam tugasnya menyerang virus berbahaya. Tidak hanya itu, air kelapa muda juga sangat baik pada mereka yang mengalami penyakit hipertensi.

Ya, pasien hipertensi cukup rentan terinfeksi Covid-19 dan kalau sudah terinfeksi, efeknya sangat berbahaya. Dengan begitu, mengonsumsi air kelapa muda menjadi alternatif yang cukup direkomendasikan.

Air Kelapa

Pada penelitian yang dilakukan ke pasien hipertensi, ditemukan fakta bahwa air kelapa muda yang segar mampu menurunkan tekanan darah sostolik pasien hipertensi.

"Efek baik itu terjadi setelah pasien diberikan air kelapa muda segar sebanyak 600 ml per hari selama 14 hari berturut-turut," terang dr Maya.

Hal ini terjadi karena air kelapa muda mengandung kalium yang baik untuk melebarkan pembuluh darah. Kalau sudah lebar, tentunya fungsi endotel (lapisan di pembuluh darah) akan menjadi baik) dan dengan begitu, pasien hipertensi minim mengalami penyumbatan darah yang berakibat stroke.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini