Pekan ASI Sedunia, Ini 5 Makanan Mood Booster untuk Ibu Menyusui

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 481 2256593 pekan-asi-sedunia-ini-5-makanan-mood-booster-untuk-ibu-menyusui-00OznO67J0.jpg Almond mood booster ibu menyusui (Foto : Boldsky)

Menjadi ibu menyusui memang gampang-gampang susah. Pasalnya, mereka harus pandai-pandai memilah makanan. Ibu menyusui harus memperhatikan kandungan gizi dari setiap makanan yang akan ia konsumsi.

Ini bukan tanpa alasan, karena ibu menyusui akan memberikan ASI eksklusif kepada bayi. Sedangkan ASI eksklusif sebagian besar akan mengandung apa yang Anda makan, dan tentunya ini akan berpengaruh ke bayi bukan?

Ibu Menyusui

Tetapi, bunda tidak perlu khawatir, karena melansir Very Well Family pada Selasa (4/8/2020), berikut 5 makanan mood booster yang dapat meningkatkan kualitas ASI ekslusif untuk Anda coba.

1. Biji-bijian

Biji-bijian utuh sangat bergizi untuk ibu menyusui. Mereka juga dianggap memiliki sifat yang mendukung hormon yang bertanggung jawab untuk membuat ASI. Jadi, makan biji-bijian dapat meningkatkan pasokan ASI Anda.

Caranya, Anda bisa mengolah oatmeal, gandum, beras merah, ataupun makanan lain yang terbuat dari biji-bijian.

Oatmeal

2. Sayuran hijau tua

Sayuran berwarna hijau tua seperti selada, kangkung, bayam, dan brokoli penuh dengan nutrisi, terutama kalsium. Mereka juga mengandung fitoestrogen yang mungkin memiliki efek positif pada produksi ASI.

Baca Juga : Potret Liburan Manja Siti Badriah di Bali

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung galactagogue yang dapat meningkatkan produksi ASI. Namun, karena baunya yang menyengat membuat sebagian ibu-ibu tidak menyukai bawang putih.

Namun, Anda bisa mengakalinya dengan memasukkan bawang putih sebagai bumbu sayuran, daging, seafood, atau saus.

4. Almond

Almond mengandung protein dan kalsium. Mengonsumsi almond atau minum susu almond dapat membuat ibu menyusui menghasilkan ASI dengan rasa yang manis serta meningkatkan jumlah produksi ASI mereka.

Almond

5. Jahe

Tak hanya berfungsi sebagai penghangat badan, jahe juga dapat meningkatkan produksi ASI. Jahe juga mudah didapat dan diolah. Anda bisa menambahkannya ke dalam masakan, menjadikannya minuman, ataupun dicampur dengan teh.

Tetapi, meskipun jahe segar dianggap aman, Anda tidak boleh mengonsumsi suplemen jahe tanpa berkonsultasi dengan profesional kesehatan Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini