Perlukah Membersihkan Pompa ASI dengan Disinfektan?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 481 2256706 perlukah-membersihkan-pompa-asi-dengan-disinfektan-Ybzv5N6WtW.jpg Pompa ASI (Foto : Sheknows)

Pandemi Covid-19 telah membuat sebagian para ibu menyusui khawatir. Terutama bagi mereka yang memberikan ASI pumping kepada bayi.

Umumnya, pumping ASI dilakukan oleh para wanita karir karena mereka tidak selalu bisa bersama putra-putrinya. Belakangan ini, karena khawatir akan terpapar virus corona, banyak dari mereka yang membersihkan peralatan pumping ASI menggunakan disinfektan.

Menanggapi hal tersebut, Dokter Jully Kasie Sp.A mengatakan, mencuci peralatan pumping ASI menggunakan disinfektan sebenarnya tidak diperlukan. Karena, membersihkannya dengan sabun saja sudah cukup.

Pompa ASI

"Sebenarnya menggunakan sabun cuci saja sudah cukup. Tapi jika Anda ingin membersihkannya dengan disinfektan, sebaiknya pilih yang aman dengan kadar alkohol yang tepat," ujar dokter Jully dalam program Talk Show Keluarga Sehat yang dikutip Okezone dari Radio Kesehatan pada Selasa (4/8/2020).

Baca Juga : Presiden Jokowi Bakal Nambah Cucu, Manjanya Gaya Kahiyang Ayu Hamil Anak ke-2

Dokter Jully mengatakan, sebenarnya tidak hanya peralatan pumping saja yang perlu dijaga kebersihannya. Saat melakukan pumping ASI pun harus tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Ketika ingin pumping, sang ibu bisa menggunakan masker agar droplet tidak menyebar ke tangan ataupun payudara," tutur dokter Jully.

Selain mengenakan masker, lanjut dokter Jully, penting bagi sang ibu untuk memperhatikan kebersihan pada area payudara baik sebelum dan setelah melakukan pumping.

"Jadi bukan cuma peralatan pumping yang perlu dibersihkan, tapi payudara dan tangan juga harus diperhatikan kebersihannya. Baik sebelum melakukan pumping ataupun sesudah memerah ASI tersebut," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini