Ternyata Ada Tornado Nyamuk, Begini Penampakannya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 612 2256912 ternyata-ada-tornado-nyamuk-begini-penampakannya-uofxeIWV42.jpg Tornado nyamuk (Foto: Oddity Central)

Situasi yang tidak biasa terlihat di desa-desa yang terletak di pantai timur semenanjung Kamchatka, di Timur Jauh Rusia. Miliaran nyamuk berputar-putar membentuk tornado di atas rumah penduduk.

Desa-desa seperti Ust-Kamchatsk memang terbiasa diserang oleh sejumlah besar nyamuk berbentuk tornado setiap musim panas. Fenomena itu normal sebab nyamuk berkerumun di dekat genangan air.

 tornado nyamuk

Sayangnya tahun ini kondisinya jauh lebih buruk dari biasanya. Karena musim panas ini suhunya di atas normal, maka jumlah nyamuk menjadi jauh lebih besar. Kondisi ini menjadikan gangguan yang lebih besar dari biasanya.

Filter pada jendela dan pintu tidak banyak membantu untuk mengusir para nyamuk dari rumah. Pasalnya mereka dapat masuk melalui celah terkecil. Bahkan masyarakat yang keluar rumah akan menghadapi kawanan nyamuk yang lebih besar.

Baca juga: Menghitung Kalori Es Kopi Susu Gula Aren Favoritmu

"Kami selalu memiliki sejumlah besar nyamuk di sini pada musim panas, dan kami akan selalu melakukannya. Tetapi mereka lebih banyak tahun ini," kata penduduk Ust-Kamchatsk, Maria Zubkova, melansir dari Oddity Central, Selasa (4/8/2020).

Maria mengatakan nyamuk tersebut masuk ke setiap celah. Bahkan jika ada jaring di jendela, mereka masih bisa melewatinya.

Sejumlah video dari puluhan tornado nyamuk yang muncul di desa-desa di pantai timur Kamchatka telah menyebar di media sosial Rusia.

Nyamuk tersebut membentuk angin puyuh besar yang terlihat dari jarak jauh. Fenomena ini tidak terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi para ahli mengatakan bahwa orang tidak perlu takut disengat olehnya.

Fenomena ini adalah bagian dari ritual perkawinan nyamuk. Di mana puluhan bahkan ratusan ribu nyamuk berkerumun di sekitar satu atau lebih betina yang berusaha mengamankan tempat yang dekat dengannya.

Sekadar informasi Kamchatka adalah rumah bagi lebih dari 100 spesies pengusir hama dan nyamuk. Sejauh ini para ahli entomologi belum menentukan spesies mana yang paling aktif tahun ini.

Tapi mereka menganggap bahwa ada spesies penghisap darah dan pengusir hama yang tidak berbahaya dalam tornado raksasa ini. Beberapa masyarakat di desa terdekat seperti Klyuchi dan Kozyrevsk mengatakan, nyamuk sangat agresif. Bahkan mereka bisa menyengat melalui jeans dan jaket kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini