Tips Hadapi Mertua yang Suka Ikut Campur Urusan Rumah Tangga

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 196 2257536 tips-hadapi-mertua-yang-suka-ikut-campur-urusan-rumah-tangga-mrvdOgaBqY.jpg Mertua ikut campur urusan rumah tangga (Foto : Timesofindia)

Salah satu goal yang diinginkan pasangan suami istri adalah mengurus rumah tangganya dengan baik tanpa ada gangguan dari pihak manapun. Baik itu teman, keluarga, atau mertua.

Namun, terkadang mereka terus menerus menanyakan kehidupan rumah tangga Anda. Terlebih jika Anda tinggal bersama mertua, biasanya wanita akan mengalami lebih banyak tekanan.

Seperti, saat Anda menolak ajakan mertua, beberapa saat lagi mungkin Anda menyesal dan menuruti keinginan mereka. Tetapi tahukah Anda bahwa melakukan pekerjaan karena rasa bersalah tidak baik?

Rumah Tangga

Rasa bersalah itu akan membuat Anda membatalkan rencana pribadi dan mengikuti keinginan mereka. Dalam suasana seperti ini, Anda mungkin memiliki suasana hari yang buruk. Jika terus menerus dilakukan, ini dapat membuat Anda frustasi.

Baca Juga : Eksotisnya De Djawatan Banyuwangi bak Hutan The Lord of The Ring

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memahami bahwa Anda melakukan sesuatu karena rasa bersalah yang tidak sehat. Ini dapat menyebabkan konsekuensi negatif seperti dendam dan depresi.

Jadi bagaimana Anda menghadapi mertua yang memaksa keinginan mereka? Melansir Times of India pada Rabu (8/5/2020), pertama, Anda harus menjelaskan tentang keinginan dan kebutuhan Anda sendiri.

Anda memang hidup bersama mereka, tetapi Anda juga harus memprioritaskan kebutuhan keluarga Anda sendiri. Mertua Anda memang memiliki hak untuk memberi saran, tetapi ingat bahwa keputusan akhir tetap menjadi milikmu.

Perlu ada batasan sehat untuk apa yang dapat diterima dan yang tidak. Saat Anda berurusan dengan mertua yang ingin memberi nasihat tentang cara menangani pernikahan Anda, penting bagi Anda untuk tetap berada di depan. Ini berarti Anda harus menjelaskan tentang keinginan dan kebutuhan Anda dan apa yang sebenarnya penting bagi Anda.

Jangan melakukan spiral reaktif di mana mertua Anda akan bertindak dan Anda akan bereaksi. Ini hanya akan membuat Anda merasa lelah. Menyenangkan mertua yang tidak menyenangkan bukanlah pekerjaan Anda.

Keluarga

Mintalah bantuan dari pasangan ketika Anda merasa tidak mampu menangani mertua sendirian. Jangan khawatir tentang apa yang dipikirkan pasangan Anda. Tetapi juga jangan sepenuhnya membebani mereka untuk menyelesaikan masalah Anda juga. Bekerja sama untuk mencari tahu rencana untuk berurusan dengan mertua Anda.

Sebagai pasangan yang sudah menikah, Anda belajar hal-hal satu sama lain setiap hari dan Anda juga dapat saling bersandar ketika ada masalah. Mempertahankan batas yang baik dengan mertua Anda akan membuat pernikahan dan hubungan Anda dengan orang lain bekerja lebih baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini