5 Makanan Pereda Asam Lambung, Tak Perlu Minum Obat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 298 2257586 5-makanan-pereda-asam-lambung-tak-perlu-minum-obat-Y1O6HuSY23.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KETIKA kita memiliki sakit asam lambung, pasti menginginkan obat alternatif yang aman bagi tubuh bukan? Pasalnya, obat kimia bisa saja membuat kita menjadi mual dan menimbulkan rasa tidak enak.

Nah, jika kebetulan Anda memiliki penyakit asam lambung, ada beberapa makanan yang mampu meredakan penyakit asam lambung loh. Dilansir dari Livestrong, berikut beberapa makanan tersebut.

Sayuran hijau

Seperti pisang dan melon, banyak sayuran hijau diklasifikasikan sebagai alkali sehingga mampu membantu menyeimbangkan kadar asam di perut. Sayuran yang paling basa adalah asparagus, bayam, kubis dan kubis brussel, semuanya berkontribusi untuk menyeimbangkan keasaman lambung ke tingkat yang cukup besar.

asam lambung

Oatmeal

Tinggi akan serat, oatmeal bermanfaat untuk asam lambung berlebih. Ketika berbicara tentang kesehatan pencernaan, serat sangatlah berperan penting. Serat mampu menjaga makanan bergerak melalui perut dan proses pencernaan.

Serat tinggi juga memungkinkan tubuh merasa kenyang lebih lama, yang berarti keinginan untuk makan berlebihan diminimalkan sehingga lebih sedikit asam lambung yang dibutuhkan atau diproduksi.


Yoghurt

Yoghurt baik untuk tubuh secara keseluruhan, karena tinggi kandungan probiotiknya. Probiotik secara alami ditemukan di saluran pencernaan dan sering disebut sebagai bakteri baik. Tidak hanya menguntungkan kesehatan pencernaan, mereka juga memberikan sistem kekebalan tubuh dorongan alami.

Pisang

Pisang merupakan buah yang bagus untuk menyeimbangkan tingkat keasaman pencernaan. Selain itu, efek dari asam lambung berlebih adalah refluks asam, disebabkan oleh asam yang dilepaskan dari lambung ke kerongkongan. Pisang membantu mengatasi hal ini dengan melapisi lapisan esofagus.

Pisang kaya akan serat larut yang dikenal sebagai pektin, membantu memindahkan makanan di lambung melalui pencernaan lebih cepat sehingga lebih sedikit asam yang bisa menumpuk.

Melon

Melon diklasifikasikan sebagai buah alkali, sehingga dapat membantu menyeimbangkan sistem pencernaan. Melon merupakan sumber magnesium yang fantastis, merupakan bahan dalam pengobatan yang digunakan untuk mengobati asam lambung berlebih. Varietas melon terbaik untuk asam lambung termasuk cantaloupe dan honeydew.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini