Mama Muda Harus Tahu, Ini 6 Posisi Menyusui Paling Nyaman Loh

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 481 2257507 mama-muda-harus-tahu-ini-6-posisi-menyusui-paling-nyaman-loh-4ozMgDZQOy.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PEKAN ASI sedunia mulai 1 sampai 7 Agustus membuat para ibu harus untuk meningkatkan kesadaran pentingnya memberikan ASI untuk kesehatan bayi. Apalagi untuk ibu baru, menyusui tidaklah mudah maka ibu harus mengetahui posisi menyusui yang pas dan nyaman untuk ibu dan bayi.

WHO menganjurkan untuk memberikan ASI setidaknya 6 bulan pada bayi. Dalam jangka waktu yang cukup lama, maka ibu harus tahu posisi menyusui yang tepat, sehingga bayinya nyaman dan mendapatkan ASI yang cukup.

Apalagi bagi mama muda yang baru memiliki anak pertamanya, menyusui mungkin menjadi hal baru. Simak artikel ini yuk untuk mengetahui posisi yang pas untuk menyusui, seperti dilansir Okezone dari Boldsky.

1. Posisi duduk

asi

Dalam posisi ini, Anda harus duduk dengan nyaman. Pegang bayi Anda dengan kedua tangan Anda dan dukung bayi Anda di payudara. Kepala bayi dipeluk di dekat siku Anda dan lengan Anda menopang punggung dan leher bayi.

Baca Juga: 5 Foto Gemas Bayi Cut Meyriska dan Roger Danuarta, Jadi Pengen Peluk!

2. Posisi duduk silang

Posisi ini sangat ideal untuk bayi baru lahir dan bayi yang mengalami kesulitan. Dalam posisi ini, Anda harus duduk lurus dengan nyaman di kursi dengan sandaran lengan. Pegang bayi Anda di lekukan lengan di depan payudara. Tahan bagian belakang leher dan kepala bayi dengan tangan, lalu tangan lainnya dapat menopang payudara Anda dari bawah.

3. Posisi berbaring miring

Posisi berbaring miring bisa menjadi pilihan yang baik untuk ibu yang lelah dan ingin menyusui sambil berbaring. Berbaringlah di satu sisi sambil meletakkan kepala di atas bantal dan hadapkan mulut bayi ke arah puting susu dan dukung kepala dengan satu tangan.

4. Posisi untuk si kembar

Posisi yang pas untuk ibu yang menyusui bayi kembar atau persalinan sesar. Cocok juga untuk ibu dengan payudara besar. Dalam posisi ini, Anda memegang bayi di sebelah Anda dengan siku ditekuk. Dukung kepala bayi Anda dengan tangan terbuka sambil meletakkan punggung bayi di lengan Anda. Wajah bayi Anda harus mengarah ke payudara Anda.

5. Posisi santai

Posisi menyusui santai ini sangat pas dipilih saat memulai menyusui pertama pertama kali. Posisi santai adalah pilihan yang bagus, cocok untuk mama muda dengan anak kembar. Cobalah berbaring dengan nyaman di tempat tidur atau sofa sambil berkomunikasi dengan si kecil.

6. Tahan posisi tegak

Posisi menyusui ini dinilai paling benar dan nyaman. Karena membuat ibu dan bayi nyaman serta mencegah infeksi telinga. Patut dicoba ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini