Sakit Tenggorokan Gak Boleh Makan Es, Benarkah Demikian?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 612 2257355 sakit-tenggorokan-gak-boleh-makan-es-benarkah-demikian-sI0ohinMTC.jpg Es Batangan. (Foto: The Sun)

SAKIT tenggorokan bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti perubahan cuaca atau bahkan karena terlalu banyak merokok. Terlepas dari penyebabnya, sakit tenggorokan bisa menimbulkan rasa gatal, kesulitan menelan hingga pembengkakan kelenjar leher.

Ketika kita mengalami sakit tenggorokan, banyak yang mengatakan kita tidak boleh mengonsumsi es. Tapi, benarkah demikian?

Seperti dilansir Okezone dari The Sun, saat sakit tenggorokan orang cenderung menghindari segala makanan dan minuman yang dingin. Akan tetapi, memakan es loli atau es batangan dapat membantu mendinginkan tenggorokan dan meredakan rasa sakit. Sakit tenggorokan menyebabkan tenggorokan merah dan meradang.

sakit tenggorokan

Seperti halnya peradangan, sesuatu yang dingin seperti es dapat membantu menguranginya. Namun bukan berarti Anda bisa makan es krim sebanyak-banyaknya. Sekali dua kali itu sudah cukup.

Selain es batangan, cara lainnya adalah berkumur dengan air asin. Anda mungkin tidak familiar dengan cara ini. Namun air garam yang hangat dapat membantu tenggorokan terasa lebih baik dan mengurangi risiko infeksi. Cobalah berkumur dengan setengah sendok teh garam yang dilarutkan dalam satu cangkir air.

Meskipun boleh makan es krim, tapi kita disarankan untuk menghindari udara dingin, karena dapat mengiritasi tenggorokan dan membuat rasa sakit bertambah buruk. Cobalah berada di ruangan yang lebih hangat dan lembab untuk membuat Anda lebih mudah bernapas.

Cara lainnya adalah meletakkan kepala di bawah handuk dengan semangkuk air beruap selama beberapa menit atau mandi air panas yang panjang.

Memang, makanan dan minuman hangat dapat terasa menyejukkan tenggorokan yang sakit. Akan tetapi, minuman seperti teh dan kopi harus dihindari karena kafein di dalamnya dapat membuat dehidrasi yang menyebabkan sakit tenggorokan semakin parah.

Minumlah air panas dengan madu dan lemon atau sup dan kaldu untuk membantu meringankan rasa sakit. Tapi ingat, suhunya harus suam-suam kuku.

Sup dan kaldu sangat baik jika Anda kesulitan menelan karena memasukkan banyak nutrisi ke dalam tubuh sehingga membantu melawan penyakit. Menjaga tenggorokan tetap hangat dan lembab dapat menyembuhkannya lebih cepat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini