Sego Tempong Banyuwangi Mbok Wah, Sambalnya Pedas Mampus!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 298 2257720 sego-tempong-banyuwangi-mbok-wah-sambalnya-pedas-mampus-NsoWGb4bTv.jpg Sego Tempong. (Foto: Dimas/Okezone)

LIBURAN ke Banyuwangi rasanya tidak afdol jika belum mencicipi kuliner lokal. Selain memiliki keindahan alam yang memesona, Banyuwangi juga punya segudang kuliner lezat, salah satunya sego tempong.

Bagi pencintamakanan pedas, ada satu tempat yang wajib disinggahi dan menjadi favorit wisatawan domestik, saat liburan ke Banyuwangi. Namanya Warung Sego Tempong Mbok Wah.

Kira-kira apa ya keunikan warung makan ini? Bila menilik namanya, kata 'tempong' berarti 'tampar'. Jadi sudah bisa dibayangkan seperti apa cita rasa utama sego tempong yang disuguhkan oleh warung makan milik Mbok Maswah ini.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Bali yang Sering Didatangi Artis

sego tempong

Ya, hampir seluruh hidangan di Warung Sego Tempok Mbok Wah diolah dengan campuran bumbu cabai yang pedas. Tak hanya itu, setiap porsi nasi biasanya disajikan bersama sayur rebus dan sambal terasi segar atau juga dikenal dengan istilah sambal dadak.

Sambal inilah yang menjadi daya tarik utama di kalangan wisatawan. Tak terkecuali wisatawan asal Jakarta.

"Orang Jakarta itu kalau datang ke sini ya cari sambal. Bahkan, banyak yang mau beli sambal untuk dijadikan oleh-oleh," ujar Mba Turin salah satu pegawai Sego Tempong Mbok Wah kepada Okezone, di Banyuwangi, beberapa waktu lalu.

 

Untuk lauknya sendiri, warung makan ini menawarkan beragam jenis hidangan laut yang sangat menggugah selera. Mulai dari tumis cumi, pepes tuna, pepes kepala ikan laut, hingga pindang ikan koyong khas Banyuwangi.

Dari segi rasa memang tak perlu diragukan lagi. Seluruh hidangan yang disajikan Warung Sego Tempong Mbok Wah memiliki keunikan tersendiri.

Ambil contoh ikan goreng dan ikan asin sepat yang diolah secara sederhana, namun menyuguhkan sensasi rasa gurih yang nendang. Terlebih bila disantap bersama dengan sambal dadak dan sayur rebus yang segar. Maknyus pol!!

ikan

Harganya pun sangat terjangkau lho, Okezoners! Sepiring nasi tempong dibanderol seharga Rp7 ribu saja, berisi nasi putih, diberi sayur rebus (kubis, kangkung, dan labu siam), lalu ada ikan asin sepat, tiga ekor teri jengki goreng, kemudian disiram dengan satu sendik makan sambal dadak.

Sementara untuk menu lainnya seperti pepes tuna, tumis cumi, dan pindang ikan koyong, masing-masing dibanderol seharga Rp15 ribu - Rp20 ribu saja. Murah banget kan?

Nah, bila Anda tertarik mampir ke Warung Sego Tempong Mbok Wah, lokasinya berada di Jl. Gembrung No. 220 Glagah, Bakungan, Banyuwangi, dengan jam operasional pukul 17.00 – 21.00 WIB. Ingat ya, hari Minggu warung makan ini tutup! Selamat liburan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini