3 Bahan untuk Menghilangkan Bau Amis Ikan, Apa Saja?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 21:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 298 2258237 3-bahan-untuk-menghilangkan-bau-amis-ikan-apa-saja-zrWjK7RufG.jpg Ikan amis (Foto: Pixabay)

Kadang-kadang kita tak selera makan ikan karena baunya yang amis dan menyengat. Namun bunda tak perlu khawatir lagi, terdapat sejumlah bahan yang mampu menghilangkan amis pada ikan.

Seperti dilansir dari Boldsky, berikut ini bahan-bahan yang bisa menghilangkan bau amis pada ikan. Apa saja?

 lemon

1. Lemon

Lemon merupakan salah satu jenis buah jeruk yang punya aroma kuat dan bisa dipakai untuk menyingkirkan bau amis ikan. Caranya, gosokkan irisan lemon atau jus lemon pada ikan yang mau dimasak. Dijamin bau amis menyengatkan akan hilang.

2. Bawang putih

Anda bisa pakai bawang putih untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Ini merupakan alternatif lain selain menggunakan jeruk pada ikan.

Tak hanya menghilangkan bau pada ikan, tetapi bawang putih juga mengeluarkan rasa serta aroma tajam. Caranya, bisa dengan dihaluskan, tapi jangan hanya dipipihkan agar tiap sisi bawang putih bisa meresap ke dalam ikan ya.

 Baca juga: 5 Foto Gemas Bayi Cut Meyriska dan Roger Danuarta, Jadi Pengen Peluk!

3. Kopi

Seorang chef, Antoine Audran mengatakan, menghilangkan bau amis pada ikan maupun seafood bisa memakai kopi. Cara penggunaannya adalah, berikan seafood dengan lada dan garam lalu biarkan selama 30 menit hingga satu jam. Jika sudah lalu berikan daun parsley dan kopi bubuk.

"Pemakaian kopi pada seafood sedikit lebih banyak terkecuali diberi pada ikan karena daging ikan memiliki tekstur yang lembut ketimbang udang dan cumi. Fungsi daun parsley adalah menahan aroma kopi biar tidak cepat menghilang. Dengan diberi kopi maka aroma amis dari seafood akan masuk ke dalam kopi, bahkan aroma amisnya pun sudah terganti dengan aroma kopi yang dipakai," jelasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini