Hidung Tersumbat? Ini Cara Mudah agar Kamu Bisa Tidur Nyenyak

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 481 2257730 hidung-tersumbat-ini-cara-mudah-agar-kamu-bisa-tidur-nyenyak-J31gbXud6A.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

ADA beberapa penyakit yang memiliki gejala hampir sama dengan virus corona atau Covid-19. Salah satunya influenza, yang terkadang ditandai dengan gejala hidung tersumbat.

Bila hidung tersumbat, biasanya seseorang akan kesulitan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Padahal, istirahat yang cukup sangat disarankan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Setidaknya, seseorang harus mendapatkan istirahat atau tidur selama kurang lebih 7-8 jam.

"Secara alami, bernapas itu memang melalui hidung, tetapi ketika harus melalui mulut terutama saat tidur, maka akan memicu ketidaknyamanan," kata Dan Ngo, seorang dokter bidang osteopati dari Medical Offices of Manhattan, seperti dikutip Okezone dari laman BusinessInsider, Kamis (6/8/2020).

Baca Juga: Intip Gaya Farah Quinn saat Jemput Anaknya di Amerika

hidung

Lebih lanjut Dan menjelaskan, biasanya hidung tersumbat karena adanya pembuluh darah di dalam hidung yang membengkak. Hal tersebut akan memicu timbulnya cairan berlendir yang menggnang di jaringan hidung.

"Pembengkakan jaringan ini umumnya mengarah ke sumbaran hidung, dan itu yang menjadi sebab muncul sensasi sesak," tambahnya.

Beberapa makanan bergizi diklaim dapat membantu permasalahan ini. Kuncinya adalah menjaga tubuh agar tetap terhidrasi untuk menghilangkan hidung tersumbat.

Lantas, apakah ada cara lain untuk mengatasi hidung tersumbat dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak?

Ahli kesehatan Lina Velikoca, MD mengatakan tidur dengan posisi menyamping dapat membantu seseorang mendapatkan tidur berkualitas saat mengalami hidung tersumbat. Pasalnya, pada posisi ini, cairan atau lendir yang menyumbat hidung akan mengalir ke luar.

"Bisa juga dengan menambahkan bantal untuk membuat letak kepala menjadi lebih tinggi. Selain itu, Anda bisa memasang alat pelembab udara. Karena, udara yang lembab akan membuat lendir di saluran udara akan lebih cepat keluar," tutup Lina Velikoca.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini