Share

Cegah Infeksi Covid-19 di Kantor, Karyawan Harus Berani Speak Up!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 481 2257736 cegah-infeksi-covid-19-di-kantor-karyawan-harus-berani-speak-up-P7rnImCMy6.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KASUS baru infeksi Covid-19 semakin meningkat akhir-akhir ini. Bahkan sejumlah kasus baru ditemukan dan membentuk klaster-klaster baru, salah satunya menyasar area perkantoran

Seperti diketahui, banyak perusahaan yang mewajibkan seluruh karyawannya masuk ke kantor di tengah naiknya angka positif infeksi Covid-19. Hal ini lah yang membuat infeksi penyakit di lingkungan kantor tidak bisa dihindari.

Tentunya kondisi ini menjadi dilema tersendiri bagi para pekerja yang wajib datang ke kantor, untuk menunaikan tanggung jawabnya dalam bekerja. Diakui Biomedical Scientist dan Co-Founder Pandemic Talks, Mutiara Anissa, kerja di kantor pada masa pandemi Covid-19, merupakan masalah yang hampir dihadapi oleh semua pekerja saat ini.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Bakal Diuji Coba, PMI Siap Sediakan Relawan

kantor

Karena itu, dalam acara “Kenali Protokol VDJ untuk cegah Covid-19 bersama Okezone, Rabu (5/8/2020), Anissa pun membagikan tiga tips utama supaya terhindar dari Covid-19 saat terpaksa harus bekerja di kantor. Apa saja ya?

1. Kalau Anda merasa peduli terhadap kesehatan diri atau ada sesuatu yang ingin diucapkan, maka sebaiknya jangan ragu mengatakannya kepada atasan. Anda harus berani menyatakan pendapat karena ini berkaitan dengan kesehatan.

2. Semua karyawan harus menjaga protokol kesehatan VDJ (Ventilasi, Durasi, dan Jarak), kalau kantornya berada di gedung yang tinggi dan memiliki jendela yang tidak bisa terbuka.

Untuk durasi, Anda bisa mengakalinya dengan tidak bekerja secara full time, melainkan setengah hari saja. Pastikan juga jarak antara setiap karyawan cukup jauh, yakni sekira dua meter.

3. Kurangi waktu berbicara saat berada di kantor dan jangan sampai ngobrol terus tanpa menggunakan masker. Budayakan kebiasaan untuk saling mengingatkan untuk mencegah situasi tertular dan menulari.

Contohnya selalu mengenakan masker saat berada di ruang kantor, atau ingatkan juga apabila ada teman mengenakan maskernya tidak benar, dan lain sebagainya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini