Pentingnya Konsumsi Air Kelapa bagi Penderita Covid-19 dengan Komorbid

Kamis 06 Agustus 2020 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 481 2257995 pentingnya-konsumsi-air-kelapa-bagi-penderita-covid-19-dengan-komorbid-0Rrkzgj7wf.jpg Air kelapa (Foto: First Cry Parenting)

Penyakit penyerta atau penyakit komorbid akan menambah tingkat keparahan pasien Covid-19. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebutkan, banyak pasien dengan penyakit penyerta yang mendapat perawatan di rumah sakit. Pasien dengan penyakit penyerta ini juga 12 kali lebih mungkin meninggal akibat Covid-19 dibanding pasien lain yang tidak memiliki penyakit penyerta.

Seperti dilansir dari Sindo News, komorbid adalah penyakit yang sejak awal memang sudah diderita pasien. Baik terjadi karena pola hidup tidak sehat maupun lantaran riwayat penyakit keturunan.

Dikutip dari Covid19.go.id, penyakit penyerta yang rentan terhadap Covid-19 ini diantaranya hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung, gagal ginjal, stroke, dan kanker.

air kelapa

Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan pasien penyakit komorbid atau penyerta agar dapat menekan penularan Covid-19 atau meminimalisir tingkat keparahan?

DR. med. Dr. Maya Surjadjaja, M. Gizi, SpGK, FAAMFM, mengatakan, hal ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi asupan gizi seimbang, cukup istirahat, kelola stres dengan baik, minum suplemen atau vitamin untuk meningkatkan imunitas, dan olahraga secara teratur.

Disamping itu, dr. Maya juga menganjurkan mengonsumsi air kelapa. “Penelitian pada pasien hipertensi, air kelapa muda segar sebanyak 300ml/hari selama 14 hari berturut-turut menurunkan tekanan darah sistolik. Kalium pada air kelapa muda juga memperlebar pembuluh darah dan memperbaiki fungsi endotel.”

Sementara kandungan L-arginine pada air kelapa, bermanfaat untuk penderita penyakit jantung atau untuk orang yang ingin mencegah penyakit kardiovaskular. Air kelapa juga mengurangi stres oksidatif secara signifikan dan mempunyai efek antitrombosis.

 Baca juga: 5 Foto Gemas Bayi Cut Meyriska dan Roger Danuarta, Jadi Pengen Peluk!

Adapun Magnesium yang terkandung dalam air kelapa dapat membuat insulin lebih sensitif, sehingga mencegah terjadinya resistensi insulin. Bagi penderita diabetes, air kelapa aman diminum. Sebab kalorinya rendah dan mengandung serat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini