Jangan Keburu Minum Obat, Nih 5 Makanan untuk Pereda Rasa Nyeri

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 02:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 481 2258012 jangan-keburu-minum-obat-nih-5-makanan-untuk-pereda-rasa-nyeri-SEsirBuohG.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP kali Anda menderita sakit gigi, sakit punggung atau sakit kepala, umumnya menggunakan obat penghilang rasa nyeri untuk meredakannya. Cara ini mungkin dianggap cepat dan mudah untuk menghilangkan rasa nyeri.

Namun, saat mengalami rasa nyeri, Anda jangan terlalu banyak minum obat kimia, karena berbahaya bagi kesehatan. Anda mungkin akan mengalami beberapa efek samping yang aneh dan atau bahkan menjadi ketergantungan.

Ternyata, mengonsumsi obat penghilang rasa sakit bukanlah satu-satunya cara untuk menghilangkan rasa nyeri Anda. Karena ada beberapa bahan-bahan alami yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami dan dapat mengobati peradangan secara efektif.

Dilansir Okezone dari Times of India, Kamis (6/8/2020), berikut 5 bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif penghilang rasa sakit.

Baca Juga: 5 Makanan Pereda Asam Lambung, Tak Perlu Minum Obat

Kunyit

kunyit

Selain dapat digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit ternyata juga mampu menghilangkan rasa sakit. Bumbu kuning ini mengandung senyawa yang disebut kurkumin, yang bersifat antioksidan dan membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Kunyit juga melindungi tubuh kita dari molekul radikal bebas yang dapat merusak jaringan. Anda bisa menambahkan sejumput bubuk kunyit ke dalam kari, smoothie, atau jus.

Cengkeh

Cengkih memiliki rasa yang kuat, manis dan pahit. Anda dapat memiliki bubuk cengkeh atau minyak esensial cengkeh ketika menderita segala jenis rasa sakit.

Cengkeh biasanya digunakan untuk membumbui kari dan nasi dan dikenal dengan khasiat anti peradangannya. Cengkeh dapat digunakan untuk mengobati mual, masuk angin, sakit kepala, radang rematik, dan sakit gigi.

Kulit pohon willow

Kulit pohon willow telah digunakan selama berabad-abad sebagai pereda nyeri alami. Kulit pohon willow mengandung bahan kimia yang disebut salicin, yang mirip dengan bahan utama obat penghilang rasa sakit.

Di zaman kuno, orang biasa mengunyah kulit kayu untuk menghilangkan rasa sakit dan peradangan. Sekarang Anda bisa mendapatkannya dari toko herbal manapun. Obat alami ini hanya boleh digunakan oleh orang dewasa.

Capsaicin

Capsaicin adalah senyawa yang ditemukan pada cabai dan dianggap sebagai pereda nyeri alami. Meskipun zat ini dapat menyebabkan sensasi terbakar ringan saat dioleskan, namun cukup efektif.

Capsaicin dapat mengurangi nyeri saraf, otot, dan sendi dengan menghalangi bahan kimia yang dikenal sebagai zat P mengirimkan sinyal nyeri ke otak.

Jahe

jahe

Jahe adalah sumber yang kaya senyawa anti-inflamasi, antioksidan, dan antikanker. Bahan alami ini dipercaya lebih efektif daripada obat penghilang rasa sakit manapun.

Studi menunjukkan bahwa jahe dapat mempercepat proses pemulihan dan mengurangi peradangan. Cobalah teh jahe atau masukkan bumbu ini ke dalam makanan Anda sebagai salah satu cara untuk menghilangkan nyeri.

Anda juga dapat menggunakan kompres panas atau dingin ketika menderita sakit punggung atau otot. Selain itu, konsumsilah makanan yang kaya protein dan magnesium. Memijat dengan minyak esensial juga merupakan pilihan yang sangat baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini