Ruangan Kantor Gunakan AC Sentral, Ini Cara agar Tak Terpapar Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 481 2258111 ruangan-kantor-gunakan-ac-sentral-ini-cara-agar-tak-terpapar-covid-19-YghI16DNse.jpg Ilustrasi ruang kantor gunakan AC (Foto : Healthline)

Kabar mengenai virus corona menyebar lewat udara membuat masyarakat semakin waspada. Penggunaan masker, jaga jarak aman, dan rajin cuci tangan menjadi kebiasaan yang harus dilakukan saat Anda berada di luar rumah.

Saat ini, Anda harus menambahkan protokol kesehatan yang sudah sehari-hari dilakukan. Ya, seperti yang diterangkan Biomedical Scientist Mutiara Anissa, agar proteksi semakin baik, disarankan untuk lakukan protokol kesehatan VDJ atau ventilasi, durasi, dan jarak.

Protokol kesehatan VDJ ini pun sangat bermanfaat ketika Anda berada di dalam kantor yang ruangannya tertutup atau menggunakan AC sentral. Misalnya saja memastikan sering terpapar udara segar tidak di ruangan terus, durasi ngobrol dengan rekan kerja dikurangi, pun jarak antarkaryawan dipastikan 1,5 hingga 2 meter. Ini berkaitan dengan risiko terpapar virus corona di dalam ruangan tertutup.

AC Sentral

"Jadi, jika di ruangan tersebut ada yang bersin dan batuk, virus yang keluar bersama bersin bakal terbawa ke seluruh ruangan. Ini kondisinya kalau ruangan tersebut sirkulasinya buruk atau pake AC sentral, ya," ungkapnya saat diwawancarai Okezone di Live Instagram bertajuk 'Kenali Protokol Kesehatan VDJ untuk Cegah Covid-19' belum lama ini.

Baca Juga : Jamu Herbal Disebut Tak Bisa Sembuhkan Covid-19, Begini Penjelasannya

Muti, sapaan akrabnya, menerangkan bahwa Covid-19 belum seutuhnya airborne. Maksudnya, saat orang bersin percikannya itu berukuran beda-beda.

"Yang besar droplet dan yang kecil airborne, si virus bertahan di udara selama 20 menit sebelum jatuh. Karena itu, tidak bisa dipastikan karena airborne kalau di ruangan tertutup. Catatan pentingnya adalah Covid-19 sampai sekarang masih diyakini menyebar lewat droplet," kata Muti.

Nah, bagaimana kasusnya jika ada yang terpapar Covid-19 meski dia tidak kontak dengan pasien positif? Muti menjawab, bisa saja itu terjadi karena ruangannya tertutup. Sebab, sekali lagi, virus ada di udara di dalam ruangan tersebut. "Jadi, semua yang mulai kembali bekerja, harus benar-benar menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan disiplin," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini