Pentingnya Telemedis di Tengah Pandemi Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 481 2258117 pentingnya-telemedis-di-tengah-pandemi-covid-19-ARoqrHjAYl.jpg Telemedis (Foto: Insider)

Saran untuk menggunakan platform telemedis semakin santer terdengar. Hal tersebut juga berkaitan dengan larangan mengunjungi fasilitas kesehatan jika tidak punya keperluan.

Ya, masyarakat tidak bisa dengan mudah datang ke fasilitas kesehatan jika tidak dalam kondisi yang darurat. Ini dilakukan agar tidak memperluas kasus penyebaran virus corona yang masih ada di tengah masyarakat.

Oleh karena itu, sekarang banyak kita dengar platform telemedis menjamur, yang baru saja rilis adalah Aido Health. Sama sepertinya kebanyakan platform telemedis lainnya, di aplikasi itu pun Anda dapat menikmati fasilitas konsultasi online.

 telemedis

Jadi, jika Anda punya keluhan yang mengarah ke penyakit tertentu, konsultasi kini bisa dilakukan secara daring. Selain membuat Anda tetap ada di rumah, menurut Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng Mohammad Faqih, Anda juga bisa menghemat waktu dan biaya.

Tidak hanya itu, menurut Daeng, dengan pemanfaatan platform telemedis, tercipta yang namanya intimasi antara dokter dengan pasien. Ya, komunikasi yang terjalin bisa lebih dekat dan ini tentunya berpengaruh pada proses kesembuhan pasien.

"Keintiman antara dokter dan pasien bisa tercipta karena komunikasi bisa terjalin lebih sering, pasien bisa dengan mudah terkoneksi degan dokter," paparnya dalam Virtual Press Conference Aido Health Launching, Kamis (6/8/2020).

Hal serupa pun dibenarkan dr Roy Panusunan Sibarani, Sp.PD-KEMD, FE, Advisor Aido Health. Menurut pengalamannya, dia bisa berkomunikasi dengan pasiennya lebih dekat dengan telemedis.

Baca juga: 5 Foto Gemas Bayi Cut Meyriska dan Roger Danuarta, Jadi Pengen Peluk!

"Lucu sekali, saya pernah tele-medis dengan pasien saya. Itu pasien sampai menjelaskan bagaimana kondisi rumahnya, bahkan ke kamarnya, di sana ada handuk, ada sepatu, ada baju yang digantung," cerita dr Roy di acara yang sama.

Dengan komunikasi seperti ini, dokter ternyata memiliki gambaran jelas juga terkait dengan bagaimana lingkungan tempat pasien hidup yang mana ini berkaitan dengan proses kesembuhan juga.

"Itu yang saya rasakan dari pengaplikasian tele-medis. Keintiman antara dokter dan pasien benar terjadi, saya seperti ada di sana," sambungnya.

Namun, menjadi catatan di sini, telemedis bukan untuk pasien emergensi atau pasien yang membutuhkan penanganan khusus atau segera. Platform tele-medis juga bukan ditujukkan untuk mereka yang memerlukan pemeriksaan spesifik.

"Tapi, bagaimana pun teknologi seperti platform tele-medis ini bermanfaat sekali untuk masyarakat dalam membantu memenuhi aspek akses dan mutu yang didorong oleh intimasi yang bisa didapatkan dari telemedis," pungkas Daeng.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini