5 Tips Jadi Orangtua yang Tenang Selama Pandemi Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 196 2258443 5-tips-jadi-orangtua-yang-tenang-selama-pandemi-covid-19-bm1lxvDJuo.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Ada kalanya Anda merasa ingin menyerah saat mengerjakan pekerjaan sekaligus mengasuh anak selama pandemi Covid-19. Hal ini wajar karena sebenarnya hal ini tidak mudah.

Meski kita tidak mengetahui kapan situasi ini akan kembali normal, tetapi melansir Times of India pada Jumat (8/7/2020), berikut 5 tips agar Anda bisa menjadi pribadi yang lebih tenang sebagai orangtua.

Bermainlah dengan anak-anak Anda

Ortu

Ketika Anda mendorong anak-anak untuk menghabiskan waktu mereka dengan hal-hal kreatif, cobalah bermain dengan mereka juga.

Anak-anak yang menghadapi stres selama masa pandemi yang belum diketahui kapan berakhir ini, mereka sangat bergantung pada orangtua untuk mendapatkan dukungan dan pelukan yang menenangkan.

Menghabiskan waktu bersama mereka juga bisa membuat Anda merasa stres dan tetap tenang. Ini juga bisa menjadi cara untuk terhubung dengan mereka.

Buat lebih banyak momen berkualitas dalam rutinitas harian Anda

Anak-anak, terutama anak-anak kecil tidak begitu memahami konsep 'bekerja dari rumah'. Menciptakan struktur dalam rutinitas harian Anda adalah salah satu cara untuk mengendalikan segala sesuatunya.

Buat jadwal makan bersama-sama dan jangan gunakan gadget pada jam-jam tertentu untuk mendapatkan quality time yang sempurna dengan keluarga.

Setelah hari berlalu, bicaralah dengan anak-anak Anda dan tanyakan kepada mereka bagaimana hari mereka, bicarakan dengan mereka tentang hari Anda. Ini bisa menjadi pengalihan yang sehat untuk Anda dan membuat mereka merasa penting juga.

Baca Juga : Bosan Naik Mobil Mewah, 3 Artis Cantik Ini Getol Sepedaan

Anda tidak harus mengikuti setiap saran yang tersebar di internet

Meskipun Anda bisa mencari informasi lewat dunia maya, ketahuilah bahwa Anda tidak harus melakukan semua yang dikatakan internet. Mengasuh anak bukanlah satu ukuran untuk semua.

Internet memang menyajikan banyak inspirasi kreatif tetapi Anda tidak perlu menyalahkan diri sendiri karena tidak melakukan sesuatu yang dilakukan orang lain.

Pada akhirnya, tujuan Anda adalah untuk menjaga keluarga agar aman dan bahagia, dengan cara apapun yang Anda bisa. Sebaiknya berhenti membandingkan cara asuh Anda dengan orang lain.

Perkuat perilaku yang baik

Di masa karantina, anak-anak cenderung rewel karena tidak bisa bertemu teman sebaya. Meskipun Anda tidak dapat mengontrol perilaku mereka sepanjang waktu, pandemi adalah waktu terbaik untuk mempraktikkan apa yang disebut para ahli, penguatan positif.

Dorong atau beri penghargaan atas perilaku baik mereka. Pujian dan kepositifan sangat membantu dalam membentuk harga diri mereka, terutama dengan anak yang dengan usia menjelang remaja.

Para ahli mengatakan bahwa strategi ini adalah cara terbaik untuk mendisiplinkan anak-anak, tanpa takut akan konsekuensi yang ekstrim. Ingat, selama anak Anda tidak melakukan sesuatu yang berbahaya, bersikap agresif terhadap mereka tidak akan membantu.

Orang Tua

Bersikaplah lebih baik kepada diri sendiri

Salah satu langkah pertama untuk menjadi orang tua yang baik dan memberikan contoh yang baik adalah bersikap ramah pada diri sendiri.

Apakah Anda orang tua baru, mengasuh anak remaja yang membuat ulah, memiliki rumah yang penuh dengan anak-anak atau tinggal bersama dengan anak-anak yang lebih besar, penting bagi Anda untuk menjadi tangguh secara mental dan mempraktikkan pengasuhan.

Tidur nyenyak, makan sehat, berolahraga, bersenang-senanglah dan dapatkan bantuan dari keluarga Anda ketika Anda bisa melakukan dekompresi dan menjadi orangtua yang bahagia.

Salah satu cara untuk menjadi orang tua yang lebih baik adalah tidak membiarkan kepanikan atau ketakutan menguasai Anda.



1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini