Share

Jika Temanmu Jadi Korban KDRT, Coba Tolong dengan Cara Ini

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 08 Agustus 2020 04:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 196 2258785 jika-temanmu-jadi-korban-kdrt-coba-tolong-dengan-cara-ini-iBfEitVqsp.jpg Korban KDRT (Foto: BBC)

Dalam sebuah hubungan memang tak selalu mulus. Kadang hubungan yang penuh cinta kasih menjadi hubungan penuh kekerasan.

Jika kamu mempunyai teman atau saudara yang terkena kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), kamu tidak boleh diam saja. Jangan sampai temanku kena kekerasan yang lebih parah lagi.

Pelaku KDRT biasanya orang terdekat, seperti suami, istri, atau pacar. Cobalah beri pertolongan kepada temanmu seperti dilansir Familyshare ini. Simak ya, apa saja?

korban KDRT

 

1. Beri dia harapan

Saat temanmu curhat dia mendapatkan kekerasan dari suaminya, maka dengarkan dengan seksama. Namun jangan memaksanya untuk segera berpisah, tapi beri masukan bahwa hubungan penuh kekerasan itu tidak baik untuk mental dan fisiknya sehingga keinginan berpisah bisa muncul dari korban KDRT itu sendiri. Selain itu beri dia harapan bahwa masih ada yang sayang dan mencintanya termasuk kamu.

2. Jangan menyalahkan korban

Kemungkinan, korban sudah merasa bersalah akan keadaan mereka. Tugas Anda jangan lagi membuat mereka merasa bersalah karena membiarkan diri mereka mengalami KDRT. Bantu mereka melihat ke arah harapan. Beri dukungan bahwa sejatinya dia bisa hidup sendiri, tanpa pasangan pelaku KDRT.

3. Beri bantuan untuk menyelamatkan diri

Bantu sahabat Anda untuk menyelamatkan diri. Misalnya bantu dia melarikan diri dari rumah jika suaminya melakukan kekerasan mengerikan. Sebagai contoh, beri dia ide untuk membawa barang-barang penting dulu seperti KTP, ijazah, akta lahir, surat tanah untuk dititipkan kepada kamu. Nah, suatu ketika suaminya kumat dan melakukan kekerasan seperti memukul, menginjak-injak, dia bisa segera kabur tanpa perlu memikirkan berbagai surat berharganya.

Baca juga: The Connell Twins Viral, Psikolog Sentil Influencer Penebar Hal Negatif

4. Ajak dia ke psikolog

Korban KDRT biasanya memiliki trauma yang sangat dalam. Dia juga bisa merasa rendah diri, tak berharga, bahkan ingin bunuh diri. Psikolog bisa membantu mengobati mentalnya yang hancur akibat KDRT. Beri dia dukungan, beri dia cinta.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini