Punya Asam Lambung? Ini 5 Makanan yang Enggak Bikin Sering Kambuh

Anabel Lerric, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 08:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 298 2258333 punya-asam-lambung-ini-5-makanan-yang-enggak-bikin-sering-kambuh-mDDPktCDVF.jpg Ilustrasi. (Foto: Mashed)

ASAM lambung terjadi ketika ada aliran balik asam dari lambung ke kerongkongan dan menyebabkan iritasi dan nyeri. Ini sering terjadi tetapi dapat menyebabkan komplikasi atau gejala yang mengganggu, seperti mulas.

Makanan yang Anda makan dapat mempengaruhi jumlah asam yang dihasilkan pada lambung. Memilih makanan untuk penderita asam lambung terkadang cukup membingungkan.

Karena jika salah memilih makanan, produksi asam lambung akan meningkat dan memperparah keluhan akibat penyakit asam lambung yang diderita. Mengkonsumsi jenis makanan yang tepat adalah kunci untuk mengendalikan asam lambung atau penyakit gastroesofageal reflux (GERD).

Jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi asam, Anda harus menguranginya dengan mengganti makanan Anda menjadi makanan rendah asam seperti yang dilansir Okezone, dari Healthline, untuk mengatasi gejala asam lambung.

Baca Juga: 5 Makanan Pereda Asam Lambung, Tak Perlu Minum Obat

1. Sayuran

 sayur buah

Sayuran secara alami rendah lemak dan gula, dan membantu mengurangi asam lambung. Pilihan yang baik termasuk kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang, dan mentimun. Pilihan ini sangat baik untuk penderita asam lambung.

2. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami, dan merupakan pengobatan alami untuk mulas dan masalah pencernaan lainnya. Anda bisa menambahkan parutan atau irisan jahe ke dalam resep atau smoothie atau minum teh jahe untuk meredakan gejala.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah sarapan favorit bagi banyak orang. Karena didalamnya terdapat gandum utuh, dan sumber serat yang sangat baik. Penderita asam lambung memerlukan makanan yang kaya akan serat untuk mengatasi geala penyakit asam lambung, seperti oatmeal. Kandungan serat dalam oatmeal dapat menyerap asam lambung, sehingga meredakan gejala asam lambung.

4. Putih telur

putih telu

Putih telur adalah pilihan yang bagus. Jauhi kuning telur, yang mengandung lemak tinggi dan dapat memicu gejala asam lambung.

5. Daging dan seafood tanpa lemak

Mengonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak tidak disarankan untuk penderita asam lambung. Daging tanpa lemak, seperti ayam, ikan, dan makanan laut, rendah lemak dan mengurangi gejala asam lambung. Cobalah olah dengan cara dipanggang atau direbus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini