Khasiat Cuka Kelapa, Enggak Kalah Sehat dari Cuka Apel

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 481 2258373 khasiat-cuka-kelapa-enggak-kalah-sehat-dari-cuka-apel-hzbU3IbRzc.jpg Ilustrasi. (Foto: Timesofindia)

CUKA apel cukup populer di kalangan orang-orang yang sedang melakukan program penurunan berat badan atau pun memanfaatkannya sebagai skincare. Tetapi, ada juga cuka kelapa yang sama manfaatnya dengan cuka apel.

Sayangnya, masih banyak orang yang jarang tahu manfaat cuka kelapa. Kira-kira apa saja ya?

Cuka kelapa merupakan bentuk alami dari cuka yang dibuat dengan memfermentasi nira kelapa, yang selanjutnya mengarah pada oksidasi etanol menjadi asam asetat.

Cuka kelapa telah menjadi tren baru di kalangan penggemar kesehatan. Ini berasal dari daerah pesisir Asia Tenggara.

Menurut para ahli, cuka kelapa sangat bagus untuk menyembuhkan masalah perut karena memiliki semua kualitas minuman probiotik dan disiapkan melalui proses fermentasi.

Makanan fermentasi adalah pilihan yang sehat jika disiapkan dengan cara yang higienis. Ini bagus untuk usus dan memperkuat kekebalan tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan Pereda Asam Lambung, Tak Perlu Minum Obat

cuka kelapa

Melansir Times of India, Jumat (7/8/2020), penelitian menunjukkan bahwa cuka kelapa memiliki banyak asam asetat, yang membuatnya sehat untuk penderita diabetes.

Minuman ini juga memiliki beberapa sifat anti-inflamasi, yang membantu melawan obesitas dan mengatur berat badan.

Sama seperti cuka apel, cuka kelapa juga mengandung sifat anti bakteri dan anti mikroba, yang membuatnya semakin sehat. Bisa ditambahkan ke salad atau bisa dikonsumsi setelah diencerkan dengan air dan madu, seperti cuka sari apel.

Orang yang telah mengonsumsi cuka sari apel dan cuka kelapa mengatakan bahwa cuka kelapa jauh lebih mudah dikonsumsi. Cuka kelapa rasanya sedikit manis sehingga mudah untuk ditelan.

Namun, pastikan Anda berkonsultasi dulu dengan dokter pribadi sebelum mengonsumsi cuka kelapa ke dalam daftar menu harian Anda. Ini karena minuman tersebut dapat mengurangi tingkat tekanan darah dan dapat berisiko bagi orang yang sudah memiliki tekanan darah rendah atau sedang minum obat untuk itu.

Ini juga memiliki tingkat asam amino, enzim dan probiotik yang tinggi, yang membuatnya lebih sehat. Baik cuka sari apel dan cuka kelapa sama-sama menyehatkan dan dapat digunakan sebagai alternatif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini