Begini Cara Jaga Kadar Gula Darah Penderita Diabetes

Jum'at 07 Agustus 2020 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 481 2258507 begini-cara-jaga-kadar-gula-darah-penderita-diabetes-HppIufomKH.jpg Jangan kebanyakan gula (Foto: Twitter)

Berdasarkan data yang dirilis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per 4 Agustus 2020, diabetes menempati urutan kedua setelah hipertensi. Hal ini berarti penyandang diabetes akan lebih rentan mengalami perparahan bahkan menyebabkan kematian jika terinfeksi Covid-19.

"Jika penderita diabetes terpapar virus Covid-19, maka mereka memiliki potensi lebih besar untuk mengalami tingkat keparahan yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan fluktuasi level gula darah dan kemungkinan adanya komplikasi diabetes lainnya," kata dr. Roy Panusunan Sibarani, SpPD-KEMD, FES; Endokrin saat jumpa pers belum lama ini.

 penderita diabetes

Oleh karena itu, ujar dia, penderita diabetes wajib mencegah komplikasi dengan menjaga kadar gula darah dalam rentang normal.

Menurut dr. Roy, cara termudah untuk mencegah komplikasi adalah dengan menjaga kadar gula darah dalam rentang normal. Hal ini dapat dicapai dengan kepatuhan dalam menjalankan pengobatan baik dengan obat oral maupun insulin, dan tetap berkonsultasi dengan dokter.

Seperti dilansir dari Sindo News, pada saat pandemi Covid-19 ini masyarakat cenderung takut untuk berkunjung ke fasilitas kesehatan. Hal ini terlihat dari survei MarkPlus Industry Roundtable edisi ke-20 yang membahas institusi kesehatan selama Covid-19.

Berdasarkan hasil survei cepat yang dilakukan, masyarakat semakin takut untuk mengunjungi rumah sakit sejak pandemi. Sebesar 71,8% responden mengaku tidak pernah mengunjungi rumah sakit ataupun klinik sejak adanya Covid-19.

"Ketakutan masyarakat untuk berkunjung ke fasilitas kesehatan ini dapat mengakibatkan pasien diabetes mengurangi kepatuhan dalam menjalankan pengobatan dan memeriksa kadar gula darahnya, sehingga apabila kepatuhan ini berkurang dan gula darah naik dari kisaran target, pasien diabetes berisiko tinggi untuk mengalami komplikasi di masa depan walaupun tidak terinfeksi Covid-19," jelas dr. Roy.

 Baca juga: The Connell Twins Viral, Psikolog Sentil Influencer Penebar Hal Negatif

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Widyastuti, MKM mengungkapkan bahwa sebenarnya masyarakat tidak perlu takut untuk mengunjungi fasilitas kesehatan di masa pandemi ini asalkan mengikuti protokol kesehatan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini