Penderita Diabetes Tak Perlu Takut Kunjungi Fasilitas Kesehatan di Tengah Pandemi

Sabtu 08 Agustus 2020 03:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 481 2258522 penderita-diabetes-tak-perlu-takut-kunjungi-fasilitas-kesehatan-di-tengah-pandemi-A9ZUGdHM3i.jpg Menjaga kadar gula (Foto: Labellord)

Di tengah pandemi Covid-19, banyak orang takut berkunjung ke fasilitas kesehatan seperti puskemas maupun rumah sakit, termasuk para penderita diabates. Sebab mereka malah takut terkena Covid-19 di fasilitas kesehatan, apalagi rumah sakit jadi salah satu klaster Covid-19 baru.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Widyastuti, MKM mengungkapkan, sebenarnya masyarakat tidak perlu takut untuk mengunjungi fasilitas kesehatan di masa pandemi ini asalkan mengikuti protokol kesehatan.

 penderita diabetes

"Walaupun di masa pandemi Covid-19, pengobatan diabetes tetap harus berjalan seperti biasa. Maka, penyandang diabetes tidak perlu takut pergi ke puskesmas atau rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan atau berkonsultasi dengan dokter. Selama mereka memperhatikan protokol keselamatan atau yang kita sebut gerakan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan teratur, maka kesehatan dan keamanan dapat tetap terjaga," ujar dr. Widyastuti belum lama ini.

Diabetes merupakan penyakit yang erat sekali hubungannya dengan gaya hidup. Oleh karena itu, penyandang diabetes harus memperhatikan pola makan dan gaya hidup, melakukan olahraga yang tepat, serta mengecek kadar gula darah dengan teratur selama pandemi Covid-19 ini.

Penderita diabetes juga dianjurkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter apabila memiliki gejala yang mirip dengan flu, seperti demam, batuk, dan kesulitan bernapas agar segera mendapatkan pertolongan yang tepat.

Seperti dilansir dari Sindo News, untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai cara menjaga kesehatan selama masa adaptasi kebiasaan baru ini, Dinas Kesehatan DKI Jakarta senantiasa menyosialisasikan Gerakan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebagai protokol kesehatan mandiri untuk masyarakat.

Selain itu, dr. Roy Panusunan Sibarani, SpPD-KEMD, FES meminta agar penderita diabetes mencegah komplikasi dengan menjaga kadar gula darah dalam rentang normal.

Baca juga: The Connell Twins Viral, Psikolog Sentil Influencer Penebar Hal Negatif

Menurut dr. Roy, cara termudah untuk mencegah komplikasi adalah dengan menjaga kadar gula darah dalam rentang normal. Hal ini dapat dicapai dengan kepatuhan dalam menjalankan pengobatan baik dengan obat oral maupun insulin, dan tetap berkonsultasi dengan dokter.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini