4 Pembersih Wajah Alami Cocok Banget untuk Kulit Berminyak

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 611 2258427 4-pembersih-wajah-alami-cocok-banget-untuk-kulit-berminyak-VcH2S4txU8.jpg Ilustrasi. (Freepik)

KULIT berminyak membutuhkan perawatan ekstra. Salah menggunakan produk sekali saja, bisa membuat wajah Anda semakin berminyak dan bahkan berjerawat.

Salah satu perawatan yang dilakukan untuk kulit berminyak adalah mengontrol produksi sebum berlebih. Karena itu, penting bagi Anda untuk membersihkan wajah sebelum dan setelah menggunakan makeup.

Jika produk pembersih wajah di pasaran tidak cocok dengan kulit Anda, melansir Femina India pada Jumat (8/7/2020), Anda bisa mencoba 4 bahan alami berikut ini, sebagai alternatif pembersih wajah untuk kulit berminyak.

Lemon dan madu

lemon

Dengan kandungan asam sitrat, lemon berfungsi sebagai pembersih wajah yang baik untuk kulit berminyak. Ketika dikombinasikan dengan madu untuk membuat pembersih wajah, ini akan menjadi pembersih yang ideal.

Lemon dapat membantu mengobati jerawat, membersihkan, serta mencerahkan kulit. Sementara madu akan membantu melembabkannya dan menjaga keseimbangan yang tepat.

Baca Juga: Khasiat Cuka Kelapa, Enggak Kalah Sehat dari Cuka Apel

Bubuk kopi

 kopi

Bubuk kopi kaya akan antioksidan dan bagus untuk pengelupasan kulit. Mereka juga membantu meningkatkan penampilan kulit yang berjerawat, dapat mencerahkan kulit, mengurangi kerusakan akibat sinar matahari dan tanda-tanda penuaan.

Menggunakan scrub yang terbuat dari gilingan kopi akan membantu mengontrol produksi minyak dan menghilangkan kotoran yang mengakar tanpa mengganggu pH kulit Anda.

Caranya, campurkan 1 sendok bubuk kopi dengan 1 sendok teh air. Gosokkan pada wajah, dan diamkan selama 10 menit. Kemudian gosok lagi, dan bilas dengan air.

Buah beri

berry

Buah beri kaya dengan antioksidan, vitamin, dan asam esensial yang sempurna untuk merawat kulit berminyak. Mencuci wajah dengan buah beri akan membantu pengelupasan ringan, mencerahkan, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan mengobati jerawat sekaligus.

Caranya, hancurkan stroberi, blueberry atau anggur dan pijat daging buahnya pada kulit Anda. Diamkan selama 2-3 menit agar nutrisi dari buah tersebut meresap ke kulit wajah, kemudian bilas dengan air.

Cuka apel

cuka

Cuka apel dapat menyeimbangkan pH alami kulit dan menyerap kelebihan sebum yang diproduksi sehingga kulit Anda bersih dan sehat. Cuka apel juga kaya akan asam malat yang membantu mengelupas sel kulit mati dan kotoran dari permukaan kulit dengan lembut.

Caranya, Percikkan air ke wajah Anda dan oleskan campuran 1 sendok makan cuka apel yang dicampur dengan 3 sendok makan air. Oleskan campuran ini ke wajah Anda dengan menggunakan bola kapas. Diamkan selama 3 menit dan bilas dengan air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini