5 Cara Mengatasi Jerawat saat di Rumah Saja

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 08 Agustus 2020 06:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 611 2258814 5-cara-mengatasi-jerawat-saat-di-rumah-saja-35IAKBThHf.jpg Mengatasi jerawat (Foto: Insider)

Jerawat membandel memang sangat menggangu penampilan. Saat memakai bedak jadi tidak rata.

Namun kamu tak perlu khawatir. Ini terdapat berbagai cara untuk mengobati jerawat. Berikut ulasannya, seperti dilansir Womenshealthmag.

 tea tree

1. Gunakan tea tree oil

Kandungan anti mikorba di dalamnya berguan untuk mengurangi masalah jerawat. Cara pengaplikasiannya, pastikan campurkan tea tree oil dengan sedikit air. Mengaplikasikannya pada kulit wajah secara langsung bisa menyebabkan iritasi.

2. Pakai aspirin dan air hangat

Menurut dokter kulit Joshua Zeichner, MD, kandungan asam salisilat tidak sepenuhnya menghilangkan minyak pada kulit wajah. Caranya, hancurkan aspirin dan tambahkan air hangat. Setelah menjadi pasta, aplikasikan pada kulit yang berjerawat.

3. Kunyit dan yoghurt

Asam laktat yang terkandung dalam yogurt membantu pengelupasan kulit secara ringan agar tetap bersih dan bebas jerawat untuk waktu yang lama.

Caranya, campurkan 2 sdt yoghurt dan 1/2 sdt kunyit. Aplikasikan pada setiap jerawat yang ada, diamkan selama 15 menit, bilas dengan air mengalir.

4. Masker madu dan kunyit

Menurut dokter kulit, masker madu dan kunyit terbukti ampuh untuk mengatasinya. Campurkan setengah sendok teh kunyit yang sudah halus dan satu sendok makan madu. Aplikasikan dalam keadaan kulit wajah yang basah, diamkan selama 5 menit.

Kunyit memiliki kandungan anti pembengkakan, sementara madu memiliki kandungan antimikroba. Kedua bahan ini bisa mengurangi ukuran dan masalah jerawat.

Baca juga: The Connell Twins Viral, Psikolog Sentil Influencer Penebar Hal Negatif

5. Pakai es batu

Kamu juga bisa membungkus es batu dengan handuk lalu terapkan pada kulit yang berjerawat. Cara pengaplikasiannya, cukup tekan selama beberapa menit. Jangan terlalu kencang karena bisa melukai jerawat dan menyebabkan bakteri menyerang bagian tersebut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini