5 Cara Meredakan Sakit Tenggorokan, Apa Saja?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 08 Agustus 2020 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 08 481 2258999 5-cara-meredakan-sakit-tenggorokan-apa-saja-2fGNhU1jqS.jpg Sakit tenggorokan (Foto: The Guardian Nigeria)

Di tengah pandemi Covid-19 kita harus semakin menjaga kesehatan tubuh. Di antaranya selalu pakai masker, jaga jarak, dan lebih banyak istirahat di rumahs saja.

Namun bagaimana jika sudah terlanjur sakit tenggorokan? Jangan khawatir terdapat berbagai cara untuk meredakan sakit tenggorokan.

Seperti dilansir dari The Sun, berikut ini 5 cara meredakan sakit tenggorokan. Apa saja?

 air garam

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam yang hangat bisa membantu tenggorokan terasa lebih baik dan mengurangi risiko infeksi. Cobalah berkumur dengan setengah sendok teh garam yang dilarutkan dalam satu cangkir air.

2. Minum teh jahe

Saat tenggorokan terasa sakit, gatal, dan kering, cobalah kamu mengonsumsi teh jahe. Sebab minum teh jahe bisa membantumu terhindari dari infeksi tenggorokan. Selain rasa jahe yang hangat dan kuat membantu melegakan tenggorokan.

3. Hindari teh dan kopi

Minuman seperti teh dan kopi harus dihindari karena kafein di dalamnya dapat membuat dehidrasi yang menyebabkan sakit tenggorokan semakin parah. Minumlah air panas dengan madu dan lemon atau sup dan kaldu untuk membantu meringankan rasa sakit. Tapi ingat, suhunya harus suam-suam kuku.

4. Minum banyak air putih

Tubuh lebih mungkin mengalami dehidrasi saat sakit tenggorokan. Sebab di saat itu tubuh melawan virus dan menghabiskan banyak cairan. Oleh karenanya sangat penting untuk memastikan tubuh mendapatkan cukup cairan dari air. Sebisa mungkin minumlah air mineral dan hindari minuman berkafein atau alkohol.

Baca juga: Romantisme Pasutri Kontroversial Jerinx SID dan Nora Alexandra, Enggak Ada Lawan!


5. Stop merokok

Nah berusahalah untuk stop merokok sebab merokok bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Jadi jika Anda seorang perokok, cobalah untuk berhenti merokok. Namun kalau sakit masih berlanjut, cobalah pergi ke dokter. Apalagi salah satu gejala Covid-19 adalah tenggorokan terasa sakit.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini