Gunung Sinabung Erupsi, Ini Cara Aman Lindungi Paru-Paru Kamu

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 08 Agustus 2020 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 08 481 2259041 gunung-sinabung-erupsi-ini-cara-aman-lindungi-paru-paru-kamu-vzmmrRMoeu.jpg Gunung erupsi (Foto: Okezone)

Sabtu dini hari, tepatnya pukul 01.58 WIB, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, meletus hebat. Efek ledakan itu menimbulkan ketinggian kolom letusan hingga 2000 meter.

Akibat ledakan tersebut, Gunung Sinabung kini berstatus siaga level III. Empat kecamatan di sekitar gunung tertutup abu vulkanik dan ini sangat membahayakan nyawa manusia.

Ya, abu vulkanik yang terhirup langsung bisa mengiritasi paru-paru, membuat seseorang mengalami asma hingga bronkitis. Risiko kematian pun dilaporkan bisa terjadi ketika orang dengan masalah serius sebelumnya terpapar langsung abu vulkanik.

 Gunung Sinabung

Oleh karena itu, pemerintah setempat mengimbau agar masyarakat yang dekat dengan area terpapar abu vulkanik untuk menggunakan masker dan kacamata. Upaya itu mesti dilakukan agar meminimalisir risiko kesehatan yang lebih berbahaya, seperti dijelaskan di atas.

Selain pakai masker, ada upaya lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga paru-paru Anda tidak terpapar abu vulkanik. Dilansir dari Lung.org, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Bila Anda di rumah

1.Jangan keluar rumah sampai abu vulkanik benar-benar lenyap dari lingkungan rumah.

2. Pastikan jendela, pintu, dan ventilasi rumah tertutup untuk meminimalisir masuknya abu ke dalam area rumah.

3. Tempatkan handuk lembap di pintu dan sumber aliran udara. Ini berperan sebagai filter dari abu vulkanik.

4. Ketika rumah Anda terpasang AC, maka pastikan pendingin ruangan itu dalam mode 'resirkulasi' supaya udara luar tidak masuk ke dalam rumah.

 Baca juga: Romantisme Pasutri Kontroversial Jerinx SID dan Nora Alexandra, Enggak Ada Lawan!

5. Lakukan pencegahan maksimal jika di rumah Anda terdapat anak-anak, orangtua, orang dengan penyakit kronis, atau ibu hamil.

Bila Anda mesti keluar rumah

Tidak bisa dipungkiri, beberapa dari Anda mungkin harus keluar rumah untuk mencari bahan makanan atau keperluan darurat lainnya. Jika hal ini terjadi, maka upaya yang bisa Anda lakukan antara lain:

1. Jika Anda keluar dengan kendaraan, pastikan mobil tertutup dengan rapat. AC mobil pun harus dalam mode resirkulasi.

2. Jika situasi memburuk, ditandai dengan ketebalan abu yang semakin tinggi, maka Anda tidak bisa hanya mengandalkan masker biasa. Anda wajib menggunakan masker yang pori-porinya sangat kecil, direkomendasikan masker N-95, untuk meminimalisir lolosnya partikel kecil yang pada akhirnya terhirup hidung.

3. Jangan lakukan aktivitas fisik luar ruangan sebelum kondisi membaik, itu termasuk jogging, jalan santai, atau sekadar berjemur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini