Jakarta Fashion Week Virtual Tampilkan Modernisasi Batik Chic dengan Embroidery Handmade

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 09 Agustus 2020 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 09 194 2259444 jakarta-fashion-week-virtual-tampilkan-modernisasi-batik-chic-dengan-embroidery-handmade-Ezu7ymGjZz.jpg JFW Virtual. (Foto: JFW)

KEINDAHAN batik memang tak usah diragukan lagi. Banyak negara di luar Indonesia mengakui kecantikan wastra (kain tradisional) Nusantara satu ini. Kini, waktunya batik untuk lintas generasi.

Ya, batik cukup terkenal sebagai outfit-nya orangtua karena terkesan kolot dan kuno. Namun, konsep tersebut mulai bergeser dan Batik Chic coba memplopori hal tersebut dari koleki-koleksi terbarunya yang coba dipamerkan di Jakarta Fashion Week (JFW) Series Revival Fashion Festival (RFF) 2020.

Dalam presentasinya kali ini, Batik Chic mengedepankan siluet top modern dengan detail embroidery nan cantik. Warna-warna cerah mendominasi sequences koleksi keseluruhan, bukan hanya di basic cloth-nya, tetapi juga pada embroidery-nya.

Batik chic

"Embroidery yang coba ditonjolkan terinspirasi dari perjalanan keliling dunia dan itu merepresentasikan Batik Chic di berbagai negara," terang Novita Yunus.

Dia pun memang mengarahkan batik lebih modern sehingga kesan kolot mulai terkikis. Kalau sudah begitu, anak muda mau menggunakan batik dan ini memberi harapan bahwa wastra Nusantara akan terus berkembang dan lestari di Indonesia.

"Koleksi ini bisa digunakan untuk anak muda generasi milenial sampai senior. Jadi, batik tidak lagi terkesan kuno," tambah Novita Yunus.

Batik chic

Jika bicara mengenai siluet yang coba ditonjolkan dalam koleksi di RFF 2020, bisa dilihat bersama kalau Batik Chic memberi referensi menarik bagi pencinta fashion yang ingin terlihat modern-chic with batik. Itu terlihat dari warna-warni yang ditampilkan kemudian tentunya dari styling outfitnya.

Salah satu yang cukup menyita perhatian adalah outer yellow neon dengan detail embroidery full pattern. Outer itu dipadukan dengan kain nude-satin yang memberi kesan formal tapi tetap chic. Outfit tersebut dipadukan dengan heels yellow neon untuk mengimbangi tampilan keseluruhan. So pretty!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini