Lifehacks, Cara Mudah Tingkatkan Vitamin C dalam Tubuh

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 09 Agustus 2020 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 09 481 2259416 lifehacks-cara-mudah-tingkatkan-vitamin-c-dalam-tubuh-wksWmbQp1F.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT Covid-19 yang dapat menyerang siapa saja ini membuat kita harus ekstra hati-hati menjaga kesehatan. Terlebih, hingga saat ini vaksin untuk mengobati penyakit tersebut belum juga ditemukan.

Salah satu cara menjaga diri agar tetap sehat adalah dengan meningkatkan sistem imun agar tubuh menjadi kebal terhadap penyakit. Biasanya, cara ini dilakukan dengan mengonsumsi vitamin C.

Melansir Timesofindia, Vitamin C, juga disebut asam askorbat, yang merupakan vitamin yang larut dalam air sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Anda harus mendapatkan vitamin C dari melalui makanan atau suplemen karena tubuh Anda tidak dapat memproduksinya.

Vitamin C

Bagi sebagian orang, mereka umumnya mengonsumsi secangkir jeruk, brokoli, dan paprika merah untuk mencukupi jumlah harian vitamin C. Jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan adalah 65 hingga 90 miligram. Sedangkan batas maksimum adalah 2.000 mg.

Meskipun mengonsumsi vitamin C tidak menyebabkan efek berbahaya, tetapi suplemen vitamin C dosis tinggi dapat menyebabkan mual, diare, sakit kepala, mulas, muntah, insomnia dan kram.

Selain itu, ada berbagai makanan yang dapat membantu Anda memenuhi asupan harian yang direkomendasikan, ada juga trik sederhana yang dapat Anda coba untuk meningkatkan kadar vitamin C Anda.

Iris lemon dan peras pada sup, salad, atau hidangan lain yang menurut Anda akan cocok dengan rasa lemon tersebut. Satu buah lemon utuh termasuk kulitnya mengandung sekitar 83 mg vitamin C, yaitu sekitar 92 persen dari nilai harian yang direkomendasikan.

Pada dasarnya, makanan kaya vitamin C sangat banyak. Ini termasuk jambu biji, timi, peterseli, kangkung, kiwi, brokoli, leci, pepaya, stroberi, dan jeruk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini