Suka Olahraga Jalan Kaki? Hindari 4 Kesalahan Umum Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 09 Agustus 2020 22:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 09 481 2259460 suka-olahraga-jalan-kaki-hindari-4-kesalahan-umum-ini-ujOsAwSP7q.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JALAN kaki adalah aktivitas olahraga sederhana dan mudah dilakukan untuk semua orang agar tetap bugar dan sehat. Jalan kaki juga tidak memerlukan biaya ataupun peralatan tertentu.

Tapi, yang perlu diingat adalah berjalan biasa dan berjalan untuk olahraga adalah dua hal yang berbeda. Jadi, untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari jalan kaki, seseorang harus mengikuti teknik yang benar.

Sangat penting untuk berhati-hati saat berjalan-jalan di taman dan memperhatikan apa yang tubuh Anda lakukan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Jika Anda adalah seseorang yang lebih suka berjalan dibandingkan aktivitas lainnya, melansir TimesofIndia, berikut beberapa kesalahan umum yang harus dihindari.

Jalan kaki

Salah Sepatu

Sama seperti bentuk aktivitas fisik lainnya, Anda perlu mendapatkan sepatu yang pas untuk kaki Anda. Berjalan dengan sandal jepit atau sepatu hak tinggi akan meningkatkan kemungkinan cedera dan mengurangi manfaat kesehatan dari aktivitas fisik yang sederhana ini. Pastikan sepatu Anda harus ringan dan empuk.

Berjalan terlalu cepat

Sama seperti berjalan lambat, jalan terlalu cepat juga harus dihindari. Saat mencoba berjalan terlalu cepat, biasanya kita mengambil langkah panjang untuk menjangkau lebih jauh. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan yang dapat menyebabkan cedera. Fokus untuk mengambil langkah pendek dan cepat.

Berjalan terlalu lambat

Jalan kaki merupakan salah satu olahraga dengan risiko cedera yang rendah. Namun, berjalan terlalu lambat pun akan mengurangi proses pembakaran kalori dari target yang telah Anda tetapkan. Untuk itu, usahakan agar Anda berjalan dengan kecepatan yang sedang dan stabil untuk mendapatkan manfaat dari latihan ini.

Anda tidak mengambil interval

Interval tidak hanya untuk bersepeda, tetapi ini sama pentingnya saat Anda berjalan. Penelitian menunjukkan bahwa mengambil interval teratur dapat membantu Anda membakar lebih banyak lemak dan meningkatkan kebugaran tubuh, terutama jika Anda sedang berjalan. Jalan cepat selama 2 menit diikuti dengan berjalan normal selama 2 menit lebih efektif dan bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini