Bikini dan Swimsuit Ternyata Berbeda Fungsi Loh

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 194 2259866 bikini-dan-swimsuit-ternyata-berbeda-fungsi-loh-u6SDcGm5Gm.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

TAK sedikit orang tahu beda fungsi bikini dan swimsuit. Nah, buah kamu yang hobi menggunakan dua jenis pakaian tersebut, tak ada salahnya untuk menyimak informasi berikut.

Ya, swimsuit atau yang juga disebut baju renang adalah pakaian yang dirancang khusus untuk dikenakan saat berenang. Dilansir Okezone dari Britannica, berenang pernah menjadi kegiatan yang populer pada pertengahan abad ke 19 saat mereka dapat bepergian ke pantai menggunakan kereta api pertama kali.

Pakaian renang pertama menutupi sebagian besar tubuh wanita. Ada yang berbentuk dress dengan perpaduan stocking hitam, ada yang menyerupai playsuit namun dibuat lebih ketat, serta beberapa model baju renang lainnya.

Baca Juga: Gaya Nia Ramadhani Pakai Swimwear di Pantai, Centil Banget!

swimsuit

Sedangkan laki-laki biasanya mengenakan pakaian one-piece tanpa lengan berwarna gelap sampai ke pergelangan kaki atau lutut.

Namun, pada awal abad ke-20, pria mulai mengenakan celana pendek tanpa atasan. Sejak tahun 1900 Annette Kellerman, seorang perenang Australia, mengenakan pakaian renang wol one-piece yang longgar yang pada sekitar tahun 1910 secara umum dapat diterima oleh publik.

Baju renang one-piece yang melekat pada wanita diperkenalkan di Prancis setelah Perang Dunia I, dan aksesori pakaian renang lainnya ditinggalkan.

Namun, seiring berjalannya waktu, pada 1935, wanita mulai mengenakan setelan yang terdiri dari atasan dan celana pendek atau yang disebut sebagai bikini. Pada 1947, bikini dibuat seperti satu set bra dan celana dalam. Ada yang berbentuk celana dalam pada umumnya, ada juga yang dibuat seperti celana dalam G-string.

Atasan bikini atau yang juga disebut sebagai bra berfungsi untuk menutupi payudara wanita. Sedangkan celana dalamnya berfungsi untuk menutupi areola tetapi tidak dengan bokongnya. Karena umumnya celana dalam pada bikini dibuat model g-string.

Umumnya, pakaian renang maupun bikini dibuat dari bahan atau kain yang tidak mudah melorot ataupun menggelembung di air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini