Bumil Wajib Tahu, Ini 5 Persiapan Menyusui agar Menyenangkan

Anabel Lerric, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 20:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 196 2260048 bumil-wajib-tahu-ini-5-persiapan-menyusui-agar-menyenangkan-I4S1rdu2dB.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TAK hanya persalinan yang harus dipersiapkan, namun persiapan menyusui anak pun harus dimulai sejak kehamilan. Karena hal ini dapat membantu proses produksi ASI nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Sebenarnya, selama kehamilan tubuh sudah secara alami melakukan persiapan menyusui secara alami. Hal ini ditandai dengan aliran darah ke payudara yang meningkat seiring perkembangan saluran air susu.

Kemudian, putih terasa lebih sensitif ketika disentuh, ukuran payudara menjadi lebih besar, serta perunahan bentuk puting. Namun, walaupun ada proses alami, tetap saja proses menyusui tidaklah mudah. Untuk itu harus ada langkah-langkah persiapan menyusui dimulai saat kehamilan.

Berikut langkah persiapan menyusui saat kehamilan dari Konselor Laktasi Dokter Ameetha Drupadi dirangkum Okezone, saat Talkshow Breastfeeding Week bersama Teman Bumil.

Baca Juga: Masak Modal Rp20 Ribu, Body Wika Salim saat di Dapur Bikin Melek 

1. Memperbanyak informasi

 asi

Saat usia kehamilan sudah 28 minggu, para ibu hamil harus sudah mencari-cari informasi seputar menyusui, seperti anatomi payudara, proses produksi ASI, dan cara menyusui serta cara merawat payudara saat hamil. Informasi tersebut dapat Anda dapatkan di internet ataupun berkonsultasi dengan dokter kandungan yang menangani Anda.

2. Memperdalam tentang Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

Mendekati hari persalinan, bahasan yang ditekankan pada tahap ini adalah soal IMD. Anda disarankan berkonsultasi dengan obgyn tentang apa yang perlu disiapkan untuk kelancaran IMD. Pertemuan kedua ini diajarkan proses produksi ASI di tiga hari pertama pasca persalinan dan ada praktek menyusui menggunakan boneka.

3. Belajar memposisikan bayi

Saat menyusui, posisi bayi harus benar agar bayi tidak tersedak. Untuk itu, para ibu harus belajar beberapa posisi bayi saat menyusui dengan baik.

4. Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

Setelah bayi baru lahir sehat dan tidak membutuhkan penanganan khusus, Anda langsung melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Bayi diletakan di atas dada atau perut Anda dalam posisi tengkurap minimal selama 1 jam untuk menemukan puting. Skin to skin contact ini sangat baik untuk menciptakan bonding antara Anda dan bayi dan yang terpenting akan menstimulasi keluarnya kolostrum.

5. Mencari informasi tentang pumping

Untuk ibu-ibu yang bekerja dan harus meninggalkan anak di rumah, harus mengetahui cara pumping. Dengan pumping juga dapat memperlancar aliran ASI dan terhindar dari infeksi akibat tersumbatnya ASI sehingga beresiko mengalami mastitis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini