7 Jenis Orang yang Paling Berisiko Terkena Gonore

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 481 2259944 7-jenis-orang-yang-paling-berisiko-terkena-gonore-vzo11XczWY.jpg Seks bebas (Foto: Huffpost)

Gonore adalah Infeksi Menular Seksual (IMS) dan menjadi salah satu penyakit yang masih banyak dialami masyarakat Indonesia. Diperkirakan terdapat sekitar 2 juta kasus baru Gonore di Indonesia setiap tahunnya.

Seperti diketahui, Gonore atau yang biasa lebih dikenal dengan kencing nanah merupakan penyakit kelamin yang disebabkan infeksi bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Bakteri ini dapat menular dari orang ke orang.

CEO Klinik Pramudia, dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV mengatakan, bakteri ini tertarik pada selaput lendir dari tubuh atau pada daerah hangat dan lembap di saluran reproduksi.

 perilaku seksual

“Di antaranya seperti leher rahim, saluran rahim, dan saluran tuba pada wanita, dan di uretra pada wanita dan laki-laki,” terang dr. Anthony, dalam Virtual Media Briefing Gonore belum lama ini.

Lebih lanjut bakteri Neisseria Gonorrhoeae paling sering menular melalui hubungan intim, termasuk seks oral dan seks anal. Infeksi ini cukup umum, dan sering menimpa pada orang-orang usia produktif yang berusia 15 sampai 24 tahun.

“Biasanya Gonore ditularkan ketika melakukan kontak seksual dengan orang yang terinfeksi, atau melakukan kontak dengan cairan tubuh mereka. Gonore ini juga dapat menular dari ibu kepada anak,” lanjutnya.

 Baca juga: 4 Potret Terbaru Hana Hanifah Setelah Bebas dari Kasus Prostitusi

Dokter Anthony mengatakan Gonore dapat sembuh dalam beberapa hari, jika diberikan pengobatan yang tepat dan segera. Gonore sebagian besar bisa memengaruhi uretra, rektum, atau tenggorokan. Sementara pada wanita, gonore juga dapat mempengaruhi organ reproduksi.

Faktor Risiko

Setelah sembuh dari Gonore, tidak menutup kemungkinan seseorang bisa kembali terkena penyakit tersebut. Orang yang paling berisiko terkena Gonore terdiri dari:

1. Mereka yang memiliki banyak pasangan seksual

2. Orang yang tidak menggunakan kondom

3. Orang yang pasangannya terinfeksi atau yang memiliki pasangan dengan perilaku seksual berisiko

4. Kaum muda khususnya mereka yang berusia di bawah 25

5. Pria yang berhubungan seks dengan pria (LSL)

6. Orang dengan riwayat infeksi menular seksual (IMS) atau yang positif HIV

7. Pekerja seks komersial

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini