7 Fakta soal Kolesterol, Siapa Bilang Anak Kecil Tak Punya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 21:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 481 2260050 7-fakta-soal-kolesterol-siapa-bilang-anak-kecil-tak-punya-aesRUW00pg.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DI dalam tubuh kita, memang ada dua jenis kolesterol yakni kolesterol jahat dan kolesterol baik. Memang kita tidak bisa menghilangkan kolesterol dalam tubuh kita, lantaran 80 persen kolesterol diproduksi dari hati.

Menurut Indian Heart Association, keseimbangan antara kolesterol baik dan jahat merupakan penyumbang penting untuk risiko kardiovaskular dan stroke.

Seperti dilansir Boldsky, kolesterol jahat (LDL) menggandakan risiko penyakit jantung dan masalah jantung lainnya. Kolesterol baik (HDL) adalah kolesterol 'sehat' yang menurunkan kolesterol jahat dengan membuangnya dari arteri dan hati. Oleh karena itu, ada beberapa fakta yang harus dipahami seputar kolesterol.

Makanan

Kolesterol banyak ditemui pada makanan berbasis hewani, seperti daging, telur dan susu. Makanan yang digoreng mengandung lemak trans penambah kolesterol. Lemak trans dan lemak jenuh bertanggung jawab untuk meningkatkan kolesterol jahat.

https: img.okezone.com content 2017 08 16 481 1757283 waspada-stroke-cek-5-tanda-anda-punya-kolesterol-tinggi-YFc6HO6d2b.jpg

Kolesterol Seimbang

Setiap orang sadar bahwa terlalu banyak kolesterol buruk untuk kesehatan, tetapi kolesterol rendah juga tidak baik. Para ahli menyarankan total kolesterol Anda harus di bawah 200 mg/dL untuk orang dewasa. Kolesterol rendah di bawah 160 mg/dL akan meningkatkan risiko kesehatan, termasuk kanker.

Olahraga Baik untuk Kolesterol

Dokter selalu merekomendasikan olahraga sebagai perubahan gaya hidup yang dapat membantu menurunkan kolesterol secara alami. Aktivitas fisik dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Olahraga ringan atau setengah jam latihan moderat per minggu akan meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL).

Disfungsi Ereksi

Kolesterol tinggi telah dikaitkan dengan risiko disfungsi ereksi yang lebih besar, Alzheimer penyakit dan gagal ginjal. Menurut studi, diet tinggi kolesterol makanan dikaitkan dengan peningkatan risiko pengembangan kanker hati.

Kolesterol Tinggi Bisa Menjadi Genetik

Diperkirakan 75 persen kolesterol disebabkan oleh gen dan sekitar 25 persen adalah karena diet. Mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol baik seperti ikan, daging dan susu, akan menyingkirkan kelebihan kolesterol jika berfungsi dengan baik.

Anak-Anak Bisa Miliki Kolesterol Tinggi

Anak-anak dapat memiliki risiko lebih tinggi memiliki kolesterol jahat pada usia dini. Anak-anak yang menderita masalah kolesterol dapat menderita karena kondisi seperti obesitas, riwayat keluarga serangan jantung atau riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi.

Berkeringat

Apakah Anda tahu bahwa Anda bisa menaikkan kadar kolesterol baik dengan berolahraga? Berolahraga dengan intensitas sedang seperti jogging atau berlari akan meningkatkan kadar kolesterol baik Anda. Semakin banyak Anda berkeringat, semakin Anda menurunkan kolesterol jahat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini