Peneliti Temukan Populasi Penguin Kaisar Meningkat di Tengah Ancaman Global Warming

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 612 2259970 peneliti-temukan-populasi-penguin-kaisar-meningkat-di-tengah-ancaman-global-warming-KWPWbZyLuu.jpg Populasi penguin (Foto: Twitter)

Pengamatan satelit mengungkapkan terdapat lebih lebih banyak koloni penguin kaisar yang berada di Antartika. Jumlah tersebut lebih banyak 20 persen daripada apa yang telah diyakini para peneliti sebelumnya.

Ilmuwan dari British Antarctic Survei (BAS) menggunakan teknologi pemetaan satelit untuk melihat penguin di daerah tersebut. Dalam prosesnya para peneliti ini menemukan 11 koloni baru penguin, sehingga total penguin menjadi 61 koloni di seluruh dunia.

 penguin

Para peneliti menambahkan bahwa studi tersebut akan memberikan tolak ukur yang penting dalam memantau dampak perubahan lingkungan terhadap populasi unggas ikonik ini. Hal ini pun diungkapkan oleh Ahli Geografi di BAS, dr. Peter Fretwell.

“Ini adalah penemuan yang menarik. Citra satelit baru dari garis pantai Antartika telah memungkinkan kami menemukan koloni baru ini. Ini adalah kabar baik, koloni-koloni kecil dan hanya menghitung populasi secara keseluruhan sebanyak lima hingga 10 persen,” terang dr. Fretwell, menyadur dari VT, Senin (10/8/2020).

Baca juga: 4 Potret Terbaru Hana Hanifah Setelah Bebas dari Kasus Prostitusi

Lebih lanjut dr. Fretwell mengatakan, populasi penguin menjadi lebih dari setengah juta, yang artinya sekira 265.500 hingga 278.500 pasangan telah berkembang biak dengan baik. Meski kabar ini disambut dengan baik, tapi para ahli memperingatkan akan adanya ancaman nyata dari para penguin sebagai dampak dari pemanasan global.

Kepala Biologi Konservasi BAS, dr. Phil Trathan yang telah mempelajari penguin selama tiga dekade terakhir mengatakan tentang temuan tersebut.

“Meskipun kabar baik bahwa kami telah menemukan koloni baru ini, lokasi pembiakan semuanya berada di lokasi di mana proyeksi terbaru menunjukkan bahwa populasi penguin kaisar akan menurun. Oleh sebab itu penguin di sini layaknya seekor burung kenari di tambang batu bara. Kami perlu mengawasi dengan cermat karena perubahan iklim yang akan memengaruhi wilayah ini,” lanjutnya.

Saat ini tiga koloni sebelumnya telah diidentifikasi tetapi masih belum dikonfirmasi. Para ilmuwan telah mencari koloni penguin baru selama 10 tahun, dengan mempelajari noda kotoran hewan di atas es.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini