4 Kuliner Khas Tulungagung, Dijamin Bikin Lidah Bergoyang

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 11 Agustus 2020 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 298 2260240 4-kuliner-khas-tulungagung-dijamin-bikin-lidah-bergoyang-ATvUI90lUY.jpg Kuliner khas Tulungagung (Foto : @ferysolo-@umi.zaa/Instagram)

Kabupaten Tulungagung di Jawa Timur, memiliki segudang kuliner tradisional dengan keunikannya masing-masing. Mulai dari lodeh lodho, ayam lodho, hingga olahan soto ayam condong raos.

Jadi usai menjajal objek wisata di Tulungagung, tidak ada salahnya Anda mampir untuk mencicipi kelezatan hidangan tersebut.  Dijamin deh lidah kalian pasti bergoyang sangkin nikmatnya mencicipi kuliner khas Tulungagung tersebut.

Daripada penasaran, simak dulu ulasan lengkapnya di bawah ini, seperti dikutip Okezone dari berbagai sumber, Senin (10/8/2020).

Lodeh Lodho

Lodeh Lodho

(Foto : @ferysolo/Instagram)

Salah satu kuliner khas Tulungagung yang wajib Anda cicipi adalah lodeh lodho. Kuliner ini sangat mudah dijumpai karena dijajakan hampir sepanjang pinggir jalan kota. Nah, keunikan lodeh lodho terletak pada kuah santannya yang diolah dengan campuran jahe geprek, sehingga menghasilkan sensasi hangat.

Lodeh lodho biasanya disajikan bersama nasi putih, serta ikan lele goreng yang telah dilumuri sambal cabai merah, lalu ditata sedemikian rupa dengan urap sayur di atas cobek. Rasanya dijamin bikin lidah bergoyang!

Baca Juga : Potret Yuni Shara yang Belum Kehilangan Pesonanya di Usia 48 Tahun

Ayam Lodho

Ayam Lodho

(Foto : @banususanto/Instagram)

Selanjutnya ada sajian ayam lodho yang sudah populer di kalangan pencinta kuliner Nusantara. Ayam lodho biasanya disajikan di acara-acara besar seperti syukuran, pernikahan, dan hajatan lainnya. Hidangan ini terdiri dari kuah opor ayam yang kemudian disiram pada ayam panggang.

Jadi bisa dibayangkan sensasi kenikmatannya saat disantap bersama nasi putih hangat. Sebagai pelengkap, pedagang ayam lodho biasanya menyajikan hidangan tersebut dengan sayur urap dan bawang goreng yang banyak. Manyus banget!

Soto Ayam Condong Raos

Soto Ayam Condong Raos

(Foto : @sotoayamcondongraos/Instagram)

Tulungagung bisa dibilang menjadi surga bagi para pencinta makanan berkuah. Setelah lodeh dan ayam lodho, hidangan berikutnya juga disajikan dengan kuah yang super gurih. Apalagi kalau bukan soto ayam condong raos.

Porsi ini terbilang sangat banyak dan melimpah. Irisan daging ayamnya pun besar-besar. Pas banget disantap saat jam makan siang, ketika perut sudah keroncongan. Nah, keunikan soto ayam condong raos terletak pada kuahnya yang bening dan segar.

Selain itu, soto ini juga disajikan dengan potongan telur bebek asin yang memiliki kandungan protein dan lemak tinggi. Jangan khawatir, harganya cukup terjangkau kok yakni, Rp25 ribu per porsi, sudah termasuk minum dan kerupuk.

Tahu Lontong

Tahu Lontong

(Foto : @umi.zaa/Instagram)

Kuliner terakhir yang sayang untuk dilewatkan adalah Tahu Lontong Mbah Ganong. Rumah makan ini memang terkenal dengan potongan lontong dan tahunya yang besar. Lalu untuk Isiannya pun sangat beragam, mulai dari potongan tempe goreng, tahu goreng, lontong, dan irisan timun.

Harganya juga tidak bikin kantong bolong. Untuk mencicipi satu porsi Tahu Lontong Mbah Ganong, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp6 ribu saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini