Begini Cara Menjaga Kesegaran Jahe, Simak Ya

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Selasa 11 Agustus 2020 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 298 2260307 begini-cara-menjaga-kesegaran-jahe-simak-ya-yvp6CIJ4RA.jpg Jahe (Foto: Vegetarian Times)

Membeli stok kebutuhan rumah bulanan adalah hal yang cerdas. Saat kita membeli jahe, maka kita harus menjaganya tetap segar agar bisa dikonsumsi kapan saja.

Pada masa pandemi ini, jahe sangat dibutuhkan guna menjaga kesehatan. Seperti dilansir dari Times of India, jika Anda memiliki stok jahe yang banyak di rumah gunakan cara ini agar jahe tetap awet dan segar.

 jahe

1. Cara meningkatkan umur simpan jahe

Cuci jahe hingga bersih, lalu biarkan mengering secara alami di bawah kipas angin atau sinar matahari selama satu jam. Kemudian menggunakan handuk kertas bersihkan dengan baik.

Kupas kulitnya dan keruk bagian luar yang bergelombang dan potong jahe menjadi kubus. Kemudian simpan potongan jahe dalam wadah kedap udara dan bekukan. Keluarkan saja kapan pun Anda membutuhkannya, dan simpan lagi di dalam freezer.

2. Simpan dalam kantong zip

Mencuci jahe membuat membuat jahe bisa membusuk. Ambil saja handuk kertas dan bersihkan kotoran pada jahe dengan baik. Pastikan Anda menggunakan handuk kering, setelah kotoran dibersihkan ambil pisau dan potong bagian yang bergelombang dan rusak. Setelah Anda memotong sisi yang tidak rata, ambil kantong zip food grade yang bersih dan letakkan jahe dengan baik, kunci zip dan dinginkan ini bisa bertahan selama sebulan.

3. Pasta jahe

Jika Anda adalah seseorang yang membutuhkan dosis jahe setiap hari untuk kadha atau teh atau kari, maka ini adalah cara paling andal dan kuno untuk mempertahankan kesegaran jahe.

Untuk teh jahe:

Pastikan Anda membuat pasta jahe setiap minggu, cukup buat pasta kasar dengan mengelupas kulit jahe dan haluskan menjadi pasta. Anda juga bisa mencampur pasta ini dengan madu dan dinginkan. Pastikan Anda tidak menambahkan air ke dalamnya.

 Baca juga: Potret Yuni Shara yang Belum Kehilangan Pesonanya di Usia 48 Tahun

Untuk kari, sup, dan makanan lezat lainnya:

Ikuti metode yang sama dengan mencuci jahe, tepuk-tepuk hingga kering dan kerik kulitnya. Kemudian masukkan ke dalam blender dan tambahkan sedikit garam dan minyak. Buat pasta halus dan simpan dalam wadah kedap udara. Pastikan Anda mendinginkan pasta.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini