5 Cara Membuat Junk Food Jadi Makanan Sehat

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Selasa 11 Agustus 2020 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 298 2260355 5-cara-membuat-junk-food-jadi-makanan-sehat-LfWrkFUsW5.jpg Pizza (Foto: Pixabay)

Menyantap makanan cepat saji sudah menjadi kebiasaan banyak orang terutama generasi milenial. Namun faktanya makanan cepat saji tidak sehat karena kandungan kalori, natrium dan lemaknya yang tinggi.

Makanan cepat saji seperti burger, sandwich, dan pizza mengandung biji-bijian olahan, gula, daging berlemak tinggi dan bahan tambahan makanan yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan penurunan fungsi kognitif.

Nah, Anda bisa membuat makanan cepat saji di rumah dengan mengganti bahan makanan yang bergizi agar sehat dan tetap lezat ya.

Seperti dilansir dari Boldsky, begini cara membuat makanan cepat saji jadi makanan sehat dan lezat!

 sandwich

1. Roti gandum utuh untuk bikin sandwich

Biji-bijian utuh lebih sehat daripada biji-bijian olahan. Contohnya gandum utuh, oat, barley, rye dan beras merah yang kaya akan serat, vitamin, mineral, dan fitokimia yang berkontribusi pada sebagian besar manfaat kesehatannya. Menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, dan kanker usus besar. Gunakan roti gandum untuk membuat sandwich yang sehat. Sandwich vegetarian, gunakan buah dan sayuran segar seperti mentimun, tomat, bawang bombay, selada dan agar lebih bergizi dan sehat bisa tambahkan taoge. Jika Anda non-vegetarian, gunakan dada ayam tanpa kulit tanpa kulit yang sudah dimasak dan tambahkan beberapa sayuran.

2. Roti gandum utuh untuk bikin burger

Gunakan roti gandum utuh untuk membikin burger, gunakan daging tanpa lemak dan bumbu rendah lemak seperti pesto (dibuat dari daun kemangi segar, minyak zaitun, kacang pinus dan keju parmesan), mustard, dan saus tahini (terbuat dari biji wijen). Jika membuat burger vegetarian, siapkan patty dengan gandum pecah (dalia), wortel, bit, jamur, dan keju cottage dengan bumbu rendah lemak.

 Baca juga: Potret Yuni Shara yang Belum Kehilangan Pesonanya di Usia 48 Tahun

3. Tumis ayam untuk membuat salad

Makanan yang telah digoreng dengan minyak dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda, jadi tumis dada ayam tanpa tulang karena jauh lebih sehat dan tidak digoreng. Gunakan dada ayam tanpa kulit tanpa tulang yang telah ditumis dengan minyak zaitun dan gunakan bumbu rendah lemak untuk saus salad.

4. Gunakan topping daging tanpa lemak untuk pizza

Anda dapat membuat pizza di rumah. Siapkan kulit pizza gandum dan taburi dengan saus pesto atau saus tomat buatan sendiri. Gunakan keju rendah lemak seperti keju cheddar atau mozzarella. Gunakan topping sayuran segar seperti tomat, jamur, buah zaitun hitam, zucchini, paprika dan bawang bombay. Dan untuk topping daging lebih memilih daging tanpa lemak

5. Smoothies buah segar

Smoothies buah adalah alternatif yang bagus untuk minuman berbahan soda karena minuman berbahan soda tidak memberikan nilai gizi dan malah hanya menambah gula yang kurang bagus bagi kesehatan Anda. Gunakan buah-buahan segar seperti pisang, mangga, stroberi, anggur, blueberry atau buah lain pilihan Anda. Gunakan yogurt tanpa rasa, bukan yogurt rasa untuk membuat smoorhies.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini