Ingin Cepat Hamil? Calon Ibu Wajib Penuhi 6 Nutrisi Ini

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Selasa 11 Agustus 2020 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 481 2260671 ingin-cepat-hamil-calon-ibu-wajib-penuhi-6-nutrisi-ini-N1aQkadu1S.jpg Ilustrasi. (Foto: Mashed)

MENGIKUTI program kehamilan harus disertai gizi yang baik untuk calon ibu. Karena dapat meningkatkan kesuburan serta mencegah komplikasi terkait kehamilan.

Jika calon ibu mengikuti diet sehat, tentunya dapat meningkatkan kesuburan, embantu transisi ke kehamilan yang lebih lancar dan menurunkan risiko komplikasi terkait kehamilan dan cacat lahir. Diet pra-kehamilan harus mencakup makanan yang kaya nutrisi, seperti asam folat atau folat, asam kalsium, yodium, zat besi, lemak, dan lainnya.

Jika Anda mencoba untuk hamil, pastikan untuk memasukkan 6 nutrisi utama ini ke dalam makanan Anda. Dilansir Okezone dari Thehealthsite, simak yuk ulasannya khusus untuk si calon ibu.

Baca Juga: Potret Cantik Nia Ramadhani Liburan di Pantai, Mama Muda Penuh Pesona!

1. Asam folat

brokoli

Asam folat memainkan peran kunci dalam membentuk sel sehat, dan juga membantu mencegah cacat lahir seperti spina bifida dan anencephaly. Vitamin B (B9) ini terdapat pada sayuran hijau tua, kacang-kacangan dan biji-bijian. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, Anda harus mengonsumsi 400 mikrogram (mcg) asam folat setidaknya satu bulan sebelum hamil.

2. Kalsium

Anda perlu menyediakan kalsium sebelum hamil untuk kesehatan tulang bayi Anda. Jika tubuh Anda kekurangan kalsium selama kehamilan, kalsium dari tulang Anda akan digunakan untuk memasok janin yang sedang berkembang, yang dapat meningkatkan risiko osteoporosis (tulang rapuh) di masa mendatang. Konsumsilah sekitar 1.000 mg kalsium setiap hari. Kalsium bisa didapatkan dari makanan seperti susu, yogurt, keju, dan sayuran seperti Kale dan brokoli

3. Zat besi

daging

Zat besi membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, dan juga sangat penting untuk mengantarkan oksigen ke bayi. Kekurangan zat besi dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur atau kekurangan berat badan bayi. Menurut para ahli, wanita membutuhkan sekitar 18 mg zat besi per hari. Makan sereal, daging tanpa lemak, dan bayam adalah sumber zat besi alami yang baik

 

4. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 membantu mengatur hormon kunci pemicu ovulasi dan meningkatkan sirkulasi ke organ reproduksi. Jika Anda mengonsumsi vitamin prenatal, kemungkinan besar vitamin tersebut mengandung omega 3. Tetapi Anda juga bisa mendapatkan nutrisi ini dari makanan utuh seperti makanan laut, daging sapi yang diberi makan rumput, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

5. Yodium

Tubuh Anda membutuhkan mineral ini untuk menghasilkan hormon tiroid yang mengatur metabolisme Anda. Wanita yang ingin hamil harus mendapatkan 150 mcg yodium per hari. Yodium dapat ditemukan di produk susu dan garam beryodium.

6. Serat

buah

Meningkatkan asupan serat Anda sebanyak 10 gram setiap hari dapat membantu meningkatkan tingkat kesuburan Anda serta menurunkan risiko terkena diabetes gestasional. Biji-bijian utuh, sereal berserat tinggi, buah dan sayuran, kacang-kacangan dan polong-polongan adalah beberapa sumber serat yang baik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini