Penampakan Pie House, Rumah Sempit Berbentuk Unik

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 11 Agustus 2020 19:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 612 2260657 penampakan-pie-house-rumah-sempit-berbentuk-unik-PtEGTWvW4r.jpg Pie House (Foto: Oddity Central)

Salah satu rumah di pinggiran kota Chichago, Amerika Serikat (AS) menjadi terkenal karena bentuknya mirip dengan sepotong kue pie. Rumah yang diberi nama Pie House ini dibangun pada 2003.

Rumah unik itu dibangun di sebidang tanah yang panjang dan sempit di Deerfield, Illinois. Rumah ini sangat sempit dan terkenal bagi masyarakat lokal.

Pie House ini dibuat karena kebutuhan. Kala itu pengembang bernama Greg Weissman dari Advantage Properties mencoba memanfaatkan sebidang tanah lonjong yang hanya berukuran 0,09 hektar. Tanah tersebut terhitung sangat kecil untuk pinggiran kota.

ruang tamu

Meskipun salah satu dinding hanya selebar 3 kaki, Rumah Pie ternyata cukup nyaman, dan akhirnya dijual dengan harga sedikit di atas rata-rata yakni USD 284 ribu atau sekira Rp4,1 miliar pada 2007.

Foto-foto Pie House of Deerfield, pinggiran pantai utara Chicago, baru-baru ini menjadi viral setelah foto-fotonya diposting di Zillow. Pemilik memutuskan untuk pindah dan awalnya membuka harga properti itu seharga USD339 ribu atau Rp4,9 miliar.

Baca juga: Potret Yuni Shara yang Belum Kehilangan Pesonanya di Usia 48 Tahun

Tapi ia kemudian mengurangi harga propertinya menjadi USD325 ribu atau Rp4,7 miliar dan USD309 ribu atau Rp4,5 miliar sebelum menariknya dari pasar untuk sementara waktu. Tapi pada Januari sang pemilik kembali menjual rumah itu dengan harga USD299.900 atau Rp4,4 milyar.

Menurut daftar Zillow, minggu lalu rumah tersebut dijual seharga USD260 ribu atau sekira Rp3,8 miliar. Rumah tersebut menampilkan ruang tamu seluas 1.122 kaki persegi. Pie House dianggap sebagai pendahulu dari rumah mungil modern.

Foto yang diambil di dalam menunjukkan bahwa rumah berbentuk pie ini jauh lebih luas daripada yang terlihat dari luar. Tetapi hal itu tidak menghentikan orang-orang untuk mengatakan bahwa rumah itu lebih mirip lorong daripada rumah yang sebenarnya. Bahkan tak sedikit orang yang menanyakan bagaimana mereka bisa tinggal di dalamnya.

"Ini berbeda dari rumah lain yang dibangun di Deerfield. Ini menarik perhatian banyak pejalan kaki dan pengendara sepeda motor. Para komuter berjalan lewat dan mengemudi setiap hari, karena berada di seberang tempat parkir. Ini adalah alternatif rumah kota tanpa biaya perawatan,” kata agen daftar Alan Berlow, melansir dari Oddity Central, Selasa (11/8/2020).

Pie House memiliki dua kamar tidur, satu di lantai atas dan satu lagi di ruang bawah tanah. Keduanya memiliki perabotan lengkap. Rumah ini juga memiliki dua kamar mandi, ruang tamu di lantai dasar. Sayangnya rumah ini tidak memiliki garasi, tetapi memiliki tempat parkir yang dapat menampung enam mobil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini