5 Solusi Hilangkan Aroma Tak Sedap di Rumah

Anabel Lerric, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 196 2261256 5-solusi-hilangkan-aroma-tak-sedap-di-rumah-2cgq55Amcn.jpg Ilustrasi. (Foto: Housedecoration)

MENJAGA kebersihan rumah dan membuat aroma ruangan tetap harum sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai solusi menghilangkan aroma tak sedap di ruangan Anda.

Ada banyak penyebab yang mengakibatkan rumah menjadi bau tak sedap. Seperti dari hewan peliharaan Anda yang buang kotoran di sofa ataupun dari sisa makanan yang Anda tinggalkan pada saat menonton TV di kamar.

Hal itu dapat membuat sofa atau kasur Anda menjadi bau tak sedap. Namun, itu dapat diatasi dengan soda kue yang Anda taruh di atas permukaan sofa atau kasur. Tambahkan dengan minyak esensial agar sofa atau kasur Anda menjadi harum.

Namun, bagaimana jika penyebab timbulnya bau tidak sedap di rumah Anda muncul di lain tempat? Nah, berikut Okezone berikan solusi untuk menghilangkan bau tidak sedap di rumah Anda, dilansir dari India Times.

1. Menghilangkan bau pada karpet

 karpet

Karpet dapat menarik banyak sampah yang bisa membuatnya menjadi bau. Ini bisa menjadi lebih buruk jika Anda memiliki hewan peliharaan dan terkadang mereka membuang air di karpet. Buat larutan dengan menggunakan 1 sdm cuka, 1 sdm soda kue, dan 150 ml hidrogen peroksida, lalu simpan dalam botol semprot. Setiap kali Anda melihat karpet berbau tidak sedap, semprotkan larutan dan biarkan mengering. Saat berubah menjadi lapisan bubuk, bersihkan dengan penyedot debu. Selesai!

Baca Juga: Body Goals Mama Muda Celine Evangelista Pakai Bikini, Saingan Nia Ramadhani Nih!

2. Membuat kamar mandi menjadi harum

Buat cara untuk toilet Anda agar kamar mandi Anda menjadi bau segar dan membunuh bakteri di toilet Anda. Campurkan ½ cangkir garam Epsom, 4 sdm asam sitrat, ½ cangkir soda pencuci, 1 sdm sabun tumbuk, 10-15 tetes minyak esensial dan 1 sdm sodium polycarbonate. Semprotkan witch hazel pada campuran ini sampai mengeras. Hazel yang mana dengan mudah tersedia online dengan merek yang berbeda. Jika Anda tidak memilikinya, lewatkan semuanya. Kemudian buat bola dari dalamnya dan biarkan mengering sepenuhnya selama 6 jam.

3. Gunakan jeruk nipis untuk membuka penyumbatan tempat pembuangan sampah Anda

Nyalakan pembuangan sampah Anda dan potong beberapa jeruk nipis atau lemon menjadi irisan. Mulailah memasukkan potongan-potongan itu ke dalam sistem satu per satu. Potongan-potongan ini tidak bisa hanya membersihkan penggiling dan meninggalkan aroma buah. Anda juga bisa menggunakan buah persik beserta bijinya untuk membersihkan sisa makanan yang mungkin tersangkut di dalamnya.

4. Segarkan microwave Anda dengan lemon

microwave

Menyeka microwave dengan sepotong kain tidak akan membantu menghilangkan baunya. Lemon datang untuk menyelamatkan lagi! Potong lemon menjadi dua dan peras jusnya menjadi setengah cangkir air. Masukkan air dan bagian yang sudah diperas ke dalam mangkuk kaca dan masukkan ke dalam microwave dengan kecepatan tinggi selama 5 menit. Jangan membuka pintu dan membiarkannya tetap di dalam selama beberapa menit. Kemudian angkat mangkuk dan bersihkan microwave dengan kain.

5. Singkirkan bau lemari es dengan soda kue

Anda pastinya menyimpan berbagai makanan ataupun bumbu-bumbu di lemari es yang bisa meninggalkan jejaknya. Menggunakan penyegar lemari es tidak menghilangkan bau dan hanya menutupinya dengan wewangian yang lebih baik. Soda kue menetralkan dan menyerap bau tak sedap secara efektif. Simpan sekotak soda kue yang terbuka di lemari es Anda dan gantilah sekali setiap tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini