Resep Gulai Cumi Isi Tahu, Lauk dan Sayur dalam Satu Hidangan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 298 2260894 resep-gulai-cumi-isi-tahu-lauk-dan-sayur-dalam-satu-hidangan-fQgdj45csX.jpg Gulai cumi isi tahu (Foto : @susie.agung/Instagram)

Sibuk mendampingi anak belajar saat pandemi, mengurus rumah, serta bekerja dari rumah membuat bunda menjadi tidak memiliki waktu banyak untuk memasak. Padahal, di tengah pandemi ini, Anda dan keluarga membutuhkan makanan yang bernutrisi.

Namun, bunda tak perlu khawatir, karena bunda hanya butuh sedikit kreatifitas dengan membuat satu menu yang dapat dijadikan lauk sekaligus sayur, seperti gulai cumi isi tahu misalnya. Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu memasak, tetapi lauk dan sayur tetap ada.

Nah, buat Anda ingin segera praktik membuatnya, berikut resepnya seperti yang sudah dikutip Okezone dari akun Instagram @susie.agung pada Rabu (12/8/2020).

Bahan-bahan:

Gulai Cumi Isi Tahu

- 500 gram cumi segar

- 1 ikat kacang panjang, potong2

- 1 buah jeruk nipis

- 1 lembar daun kunyit

- 2 lembar daun salam

- 3 lembar daun jeruk

- 1 batang serai, memarkan

- 1 ruas jempol lengkuas, memarkan

- 5 buah cabe hijau keriting, belah 2

- 400 ml santan

- Garam, gula, dan lada bubuk secukupnya

Bahan isi:

- 1/2 buah tahu china putih

- 1 butir telur

- Garam, gula, dan lada bubuk secukupnya

Baca Juga : Intip Liburan Nia Ramadhani Basah-basahan di Kolam Renang, Bikin Gagal Fokus!

Cara membuat:

1. Bersihkan cumi, lepaskan kepalanya, buang isi perut dan tintanya, kupas kulit arinya, cuci bersih, lumuri air jeruk nipis, diamkan 10 menit, bilas dan tiriskan.

2. Hancurkan tahu dengan garpu, masukkan telur, bumbui garam dan lada bubuk, aduk rata, masukkan dalam plastik segitiga.

3. Potong ujung plastik segitiga, semprotkan bahan isi kedalam perut cumi, tutup dengan kepala cumi, semat ujungnya dengan tusuk gigi, lakukan sampai habis.

4. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan daun salam, daun jeruk, daun kunyit & lengkuas, tuangi santan.

5. Setelah mendidih masukkan cumi dan kacang panjang , bumbui garam dan gula, aduk rata, masak dengan api kecil sampai cumi matang, tes rasa, bila sudah pas matikan api, sajikan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini