Jaga Imunitas Selama Pandemi, Bikin Susu Jahe di Rumah Yuk!

INews.id, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 298 2260998 jaga-imunitas-selama-pandemi-bikin-susu-jahe-di-rumah-yuk-wxLYr2OOIX.jpg Susu jahe (Foto : Pinterest)

Menjaga imunitas atau daya tahan tubuh menjadi hal yang sangat penting selama pandemi Covid-19. Jika imunitas terjaga, maka dapat mengurangi risiko terserang penyakit.

Untuk menjaga sistem imun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari asupan nutrisi yang bergizi seimbang, olahraga rutin, istirahat cukup, dan menghindari stres. Terkait nutrisi, ada salah satu bahan alami yang dinilai mampu menjaga sistem imun, yakni jahe.

Dikutip dari iNews.id, jahe adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Jahe mengandung vitamin C dan magnesium. Selain itu, jahe juga memiliki kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

Oleh sebab itu, jahe memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Di antaranya mengatasi masalah pencernaan, membantu proses detoksifikasi, dan bersifat antiperadangan yang dapat mencegah infeksi.

Baca Juga : Intip Liburan Nia Ramadhani Basah-basahan di Kolam Renang, Bikin Gagal Fokus!

Jahe juga bisa dijadikan menu minuman sehat dan lezat, lho! Yaitu dengan menjadikannya susu jahe buatan rumah. Berikut bahan-bahan dan resepnya, seperti dirangkum dari All Recipes, Rabu (12/8/2020).

Susu Jahe

Bahan:

1 cangkir susu sapi atau susu almond

1 sendok makan gula merah atau madu (sesuai selera)

1 sendok teh bubuk jahe

Cara membuat:

1. Masukkan satu cangkir susu, 1 sdm gula merah atau madu sesuai selera Anda, dan 1 sdt bubuk jahe ke dalam panci.

2. Letakkan di atas kompor dengan api kecil hingga sedang.

3. Tunggu sampai mendidih atau susu menjadi berbusa, sekira 5 menit.

4. Tuangkan ke gelas saji dan aduk hingga merata. Voila! Susu jahe Anda siap diminum.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini